TARIQU TA'LIM AL MUHADATHAH BI FASL 21 QISM AL DIN MADRASAH WONOKROMO AL 'ALIYAH AL HUKUMIYYAH BANTUL AL SANAH AL DIRASAH 2014/2015

DARAJATUL AZIZATI, NIM. 11420114 (2015) TARIQU TA'LIM AL MUHADATHAH BI FASL 21 QISM AL DIN MADRASAH WONOKROMO AL 'ALIYAH AL HUKUMIYYAH BANTUL AL SANAH AL DIRASAH 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TARIQU TA'LIM AL MUHADATHAH BI FASL 21 QISM AL DIN MADRASAH WONOKROMO AL 'ALIYAH AL HUKUMIYYAH BANTUL AL SANAH AL DIRASAH 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TARIQU TA'LIM AL MUHADATHAH BI FASL 21 QISM AL DIN MADRASAH WONOKROMO AL 'ALIYAH AL HUKUMIYYAH BANTUL AL SANAH AL DIRASAH 2014/2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan didirikannya pembelajaran muhadatsah dan metode apa saja yang digunakan oleh guru muhadatsah dalam pembelajaran muhadatsah di kelas XII Jurusan Agama Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran muhadatsah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat non interaktif dengan pendekatan induktif. Dengan mengambil obyek penelitian pada seluruh siswa kelas XII Jurusan Agama Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul yang berjumlah 47 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Metode analisis data kualitatif menggunakan metode deskriptif analitik yaitu mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Data analisa yang digunakan dalam angket ialah P = N f x 100% Hasil penelitian menunjukkan: (1) tujuan pembelajaran muhadatsah adalah agar siswa berani dan terbiasa bercakap-cakap dengan bahasa arab dalam kegiatan sehari-hari, mengubah pandangan siswa terhadap pelajaran bahasa arab bahwasanya bahasa arab itu tidak sulit, memperlancar kalam, menambah rasa cinta terhadap bahasa arab agar timbul kemauan belajar dan mendalaminya. (2) Metode pembelajaran yang digunakan ialah metode elektik antara lain: metode muhadatsah, metode mubasyarah (metode langsung), al-Tharīqatu al-Sam’iyah al-Syafawiyah (Metode Audio-lingual). Dari hasil penelitian metode yang di gunakan oleh guru muhadatsah telah sesuai dengan target yang dituju dan cukup efektif. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai siswa yang 91,6% tuntas dalam ujian dan hasil hitungan angket yang menyatakan bahwa 80.9 sangat menyukai dengan metode yang digunakan oleh guru. (3) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran muhadatsah kelas XII jurusan agama dari segi sarana prasarana yaitu : lingkungan yang nyaman, fasilitas yang memadai, dan adanya alat peraga maupun media sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran. Minat siswa terhadap pelajaran muhadatsah yang sangat tinggi dan tingkat kecintaan siswa terhadap pelajaran muhadatsah yang besar beserta strategi, cara, dan kedisiplinan guru. Faktor penghambatnya ialah minimnya waktu, dan tidak adanya kewajiban dari guru melainkan hanya sebuah anjuran untuk menggunakan bahasa arab di dalam maupun di luar kelas sehingga peserta didik lebih nyaman menggunakan bahasa ibu yaitu bahasa indonesia. Kata Kunci : Metode, Pembelajaran Muhadatsah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran Muhadatsah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Dec 2015 08:02
Last Modified: 03 Dec 2015 08:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum