BENTUK INTEGRASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ari Hinawan, NIM.02411094 (2007) BENTUK INTEGRASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (BENTUK INTEGRASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BENTUK INTEGRASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai Islam antikorupsi dalam kurikulum pendidikan agama Islam tingkat SMA. Mendeskripsikan bentuk integrasi pendidikan antikorupsi dalam pendidikan agama Islam, serta bagaimana mensosialisasikan pendidikan antikorupsi tersebut. Hasil skripsi ini diharapkan dapat menjadi pengetahuan bagi para guru dan masyarakat, dalam upaya memberantas korupsi; dengan penanaman nilai-nilai antikorupsi melalui pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data didasarkan pada data primer dan data skunder yang dilakukan dengan cara membaca, menelaah, meneliti dan mengumpulkan buku-buku yang berisi teori, pendapat atau pandangan para pakar yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik content analysis; menganalisis isi dari kurikulum pendidikan Islam tingkat SMA, kemudian memadukannya dengan nilai-nilai antikorupsi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendidikan dapat dijadikan usaha/sarana dalam pemberantasan korupsi. Pendidikan dalam hal ini adalah pendidikan yang berkaitan dengan moral, karena salah satu faktor terjadinya korupsi adalah lemahnya moral masyarakat. Misalnya melalui pendidikan agama Islam. Caranya yaitu dengan mengintegrasikan pendidikan antikorupsi ke dalam PAI. Bentuk integrasi yang dapat diterapkan untuk pendidikan antikorupsi adalah integrasiinterkoneksi (dari pola hubungan sirkuler) dan juga intrakoneksi dengan model kajian informatif serta konfirmatif (klarifikatif). 2) Dalam mengintegrasikan pendidikan antikorupsi ke dalam Pendidikan Agama Islam, perlu memperhatikan tiga hal. Pertama, nilai antikorupsi yang ada dalam agama Islam, yaitu amanah dan adil. Kedua, rasa keberagamaan siswa, dan ketiga, materi-materi yang berkaitan dengan nilai antikorupsi serta rasa keberagamaan siswa. Materi-materi yang berkaitan dengan nilai antikorupsi yang terdapat dalam PAI Sekolah Menengah Atas, antara lain: (a) Keimanan, meliputi iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada rasul, dan iman kepada hari akhir; (b) Akhlak, yaitu materi mengenai dosa-dosa besar serta materi mengenai perilaku terpuji, yaitu adil; (c) Fikih, yaitu materi hukum Islam tentang transaksi ekonomi dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muqowim, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Dec 2015 09:25
Last Modified: 03 Dec 2015 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18506

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum