PROFESIONALISME GURU DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SUMBER DA YA MANUSIA (Studi Kasus di MA Nabdlatusy Syubban Blingoh Kecamatan Keling Kabupaten Jepara)

LATIFATUN Nl'MAH, NIM. 02411406 (2007) PROFESIONALISME GURU DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SUMBER DA YA MANUSIA (Studi Kasus di MA Nabdlatusy Syubban Blingoh Kecamatan Keling Kabupaten Jepara). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SUMBER DA YA MANUSIA (Studi Kasus di MA Nabdlatusy Syubban Blingoh Kecamatan Keling Kabupaten Jepara))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SUMBER DA YA MANUSIA (Studi Kasus di MA Nabdlatusy Syubban Blingoh Kecamatan Keling Kabupaten Jepara))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam memberdayakan guru di MA Nahdlatusy Syubban, sehingga pada akhimya diketahui bagaimana kondisi profesionalisme guru yang ada di lembaga tersebut. Hal ini dikarenakan guru dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab dan berhubungan langsung dengan muridnya dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil MA Nahdlatusy Syubban sebagai latamya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan langsung, wawancara, dan dokumentasi. Skripsi ini menggambarkan keadaan guru mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, peng3daan, pengarahan, dan pengawasan yang dilakukan oleh lembaga MA Nahdlatusy Syubban dalam rangka menciptakan kinerja guru agar mampu mencapai standar profesional dengan mengacu pada Manajemen Sumber Daya Manusia Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi profesional guru di MA Nahdlatusy Syubban meliputi, persyaratan administratif, akademis, dan kepribadian. Lembaga pendidikan MA Nahdlatusy Syubban telah menerapkan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam mengelola staf edukatifuya, namun pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen belum dilaksanakan secara maksimal, pelaksanaan proses manajemen masih bersifat sederhana dan belum memenuhi syarat profesional. (2) Upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah dengan mengadakan pelatihan dan penataran, pertemuan rutin tiap satu bulan, dan melengkapi alat peraga. Selain itu untuk menumbuhkan motivasi para guru kepala madrasah memberikan imbalan jasa kepada guru sesuai dengan pengorbanan yang diberikan, memberikan jaminan keamanan bagi para guru, menciptakan iklim manajerial yang terbuka dan penghargaan khusus bagi guru yang berprestasi. (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan profesionalisme guru di madrasah ini adalah antusias dan kesadaran guru dalam mengikuti program-program pelatihan, lingkungan yang kondusif dan usaha pihak sekolah dalam melengkapi alat peraga. Sedangkan faktor penghambat adalah adanya guru yang mengajar di tempat lain, guru yang pasif terbadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan kurangnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suwadi, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Dec 2015 13:55
Last Modified: 03 Dec 2015 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum