NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah Materi dalam Panduan Pengembangan Silabus PAI untuk SMP Depdiknas RI 2006)

MAEMUNAH, NIM. 03410108 (2007) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah Materi dalam Panduan Pengembangan Silabus PAI untuk SMP Depdiknas RI 2006). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah Materi dalam Panduan Pengembangan Silabus PAI untuk SMP Depdiknas RI 2006))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah Materi dalam Panduan Pengembangan Silabus PAI untuk SMP Depdiknas RI 2006))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan yaitu mengenai nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam materi Panduan Pengembangan Silabus PAI untuk SMP Depdiknas RI 2006 serta mengetahui bagaimana relevansinya terhadap pembelajaran PAI. Kurikulum PAI sangat signifikan untuk mentransformasikan nilai-nilai pendidikan multikultural karena tujuan pendidikan tidak akan bisa dicapai tanpa adanya kurikulum, sementara materi dalam PAI akan menentukan sikap keberagamaan seseorang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya diperoleh malalui sumber literer (library research), yaitu kajian literer melalui riset kepustakaan. Sumber datanya adalah Panduan Pengembangan Silabus PAI untuk SMP yang diterbitkan oleh Depdiknas RI 2006, buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan dan wacana-wacana multikultural. Pendekatan yang digunakan adalah filosofis dengan analisis isi (content analysis), yaitu teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara sistematis dan obyektif Hasil penelitian menunjukkan jawaban dari dua permasalahan di atas yaitu bahwa dalam materi Panduan Pengembangan Silabus PAI untuk SMP Depdiknas RI 2006, telah terkandung nilai-nilai pendidikan multikultural tetapi dalam kadar yang minim yaitu dengan persentase 52% dari keseluruhan materi. Nilai-nilai , tersebut berjumlah 10 poin yaitu: belajar hidup dalam perbedaan (sikap toleransiltdsamuh), sikap saling menghargai, terbuka dalam berpikir, membangun saling percaya (husnudzan), interdependen (sikap saling membutuhkan/saling ketergantungan ), rekonsiliasi nirkekerasan, pengakuan terhadap harkat manusia dan hak asasi manusia (HAM), apresiasi terhadap pluralitas budaya, pengembangan tanggung jawab masyarakat dunia, dan pengembangan tanggung jawab manusia terhadap planet bumi. Sedangkan relevansi dari nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI berjumlah lima (5) poin yaitu, relevansi terhadap tujuan PAI, relevansi terhadap perumus kebijakan (stakeholder), relevansi terhadap pendidik (guru), relevansi terhadap strategi pembelajaran dan relevansi terhadap evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muqowim, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Dec 2015 14:38
Last Modified: 03 Dec 2015 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum