AL MUHSINAT AL MA'NAWIYYAH FI KITAB LUBAB AL HADITH LI AL IMAM JALALUDDIN AL SUYUTI (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH)

ALI SETIYA PAMBUDI, NIM. 08110070 (2015) AL MUHSINAT AL MA'NAWIYYAH FI KITAB LUBAB AL HADITH LI AL IMAM JALALUDDIN AL SUYUTI (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL MUHSINAT AL MA'NAWIYYAH FI KITAB LUBAB AL HADITH LI AL IMAM JALALUDDIN AL SUYUTI (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL MUHSINAT AL MA'NAWIYYAH FI KITAB LUBAB AL HADITH LI AL IMAM JALALUDDIN AL SUYUTI (DIRASAH TAHLILIYYAH BADI'IYYAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (775kB)

Abstract

Ada berbagai macam kajian ilmu yang membahas hadis dalam berbagai aspek. Salah aspek di dalam hadis yang dikaji adalah aspek kebahasaan, salah satu di antaranya adalah susunan redaksinya. Setelah penulis mencermati dengan seksama, di dalam Kitab Lubab Al-Hadis ternyata, susunan redaksi hadis yang ada mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan tersebut menjadi salah satu daya tarik yang membuat penulis tertarik untuk mengkajinya. Beberapa bentuk keunikan tersebut, adalah adanya unsur – unsur keindahan makna atau yang dikenal dengan Muhasinat Ma’nawiyyah yang menjadi salah satu bahasan dalam Ilmu al-Badi’ yang merupakan salah satu cabang dari Ilmu Balagah. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan sekunder. Adapun data primer yaitu kitab Lubab Al-Hadis, sedangkan sumber sekunder meliputi kitab – kitab yang mengkaji Ilmu Balagah terutama mengenai Ilmu al-Badi’, dan berbagai macam sumber data lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, yaitu dengan cara menyajikan data, kemudian menganalisisnya secara sistematis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, terdapat berbagai macam keindahan makna, dan penulis memilih jenis muhasinat maknawiyah yang paling dominan dalam hadis – hadis yang ada di dalam kitab Lubab Al-Hadis sebagai pokok pembahasan. Jenis Muhasinat Ma’nawiyyah tersebut adalah Muqabalah, Taqsim dan Jam’. Kata kunci : Hadis, Keindahan Makna (Muhasinat Ma’nawiyyah), Muqabalah, Taqsim, Jam’.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. HM. Habib, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Hadis, Keindahan Makna (Muhasinat Ma’nawiyyah), Muqabalah, Taqsim, Jam’.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Dec 2015 10:47
Last Modified: 04 Dec 2015 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18526

Actions (login required)

View Item View Item