ASH'AR AL HABIB ALI BIN MUHAMMAD BIN HUSAYN AL HABSHY FI KITABIHI SUMTU AL DURAR (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH)

FAIDLUL FALAH, NIM. 08110088 (2015) ASH'AR AL HABIB ALI BIN MUHAMMAD BIN HUSAYN AL HABSHY FI KITABIHI SUMTU AL DURAR (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASH'AR AL HABIB ALI BIN MUHAMMAD BIN HUSAYN AL HABSHY FI KITABIHI SUMTU AL DURAR (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (ASH'AR AL HABIB ALI BIN MUHAMMAD BIN HUSAYN AL HABSHY FI KITABIHI SUMTU AL DURAR (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Syair-syair Habib Ali bin Muhammad bin Husain al-Habsyi dalam Kitabnya Simthud-Durar (Kajian Analisis Arudl). Penelitian ini dilakukan antara lain dilatarbelakangi ketenaran dan seringnya dilakukan musikalisasi syair-syair beliau, terutama dalam kitab tersebut, di dalam masyarakat. Mereka mengenalnya antara lain melalui berbagai Pondok Pesantren dan dalam Maulid Nabi saw, tasmiyah, khitan, nikah, dan lainnya. Sekaligus dilatarbelakangi kekurangtepatan pembacaannya, khususnya panjang-pendek huruf yang rentan mengubah makna. Maka, dibutuhkan penelitian tentang musikalitas syair-syair beliau yang tidak mengabaikan panjang-pendek hurufnya, yaitu kajian ‘Arudl. Penelitian ini menggunakan Ilmu Arudl rumusan al-Khalil dengan taqti’ sebagai metode analisisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wazan bahr syair simthud-durar, perubahannya yang disebabkan zihaf-illat, dan dlarurah syi‟riyah. Serta untuk mengetahui wazan bahr baru apa yang dipakai di dalamnya. Hasil penelitiannya adalah, bahr yang digunakan syair-syair dalam kitab simthud-durar adalah tawil tam, basit tam, basit majzu', wafir tam, kamil tam, hazaj maj u', hazaj manhuk, ramal majzu', khafif tam. Serta bahr muhmal mustatil tam dan mustatil masytur. Perubahan taf‘ilah yang dipakai adalah zihaf idmar, khabn, tay, ‘asb, qabd, ‘aql, kaff, khabl, naqs; dan ‘illat tarfil, tasbigh, tasy‘is, hazaz, dan qat‘. Meski ditemukan beberapa bait yang taf‟ilahnya tidak sesuai, namun sebagian besar bait sesuai dengan rumusan al-Khalil. Sedangkan dlarurah syi’riyah yang ditemukan adalah pengubahan hamzah qat menjadi hamzah washol dan mematikan huruf yang hidup. Dan ditemukan bait-bait yang berwazan, tetapi tidak sesuai dengan wazan bahrnya. Kata Kunci: Syair, Simthud-Durar, al-Habsyi, Arudl

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NURAIN, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Syair, Simthud-Durar, al-Habsyi, Arudl
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Dec 2015 10:46
Last Modified: 04 Dec 2015 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18527

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum