IKHTILAT AL SHAFARAT AL 'ARABIYYAH FI AL MUHADATHAH AL INDONESIYYAH (DIRASAH QADIYYAH FI QARYAT AL 'ARAB SHAWQ KLIWAN SURAKARTA)

AHMAD SADAD SYARI'ATI, NIM. 08110090 (2015) IKHTILAT AL SHAFARAT AL 'ARABIYYAH FI AL MUHADATHAH AL INDONESIYYAH (DIRASAH QADIYYAH FI QARYAT AL 'ARAB SHAWQ KLIWAN SURAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IKHTILAT AL SHAFARAT AL 'ARABIYYAH FI AL MUHADATHAH AL INDONESIYYAH (DIRASAH QADIYYAH FI QARYAT AL 'ARAB SHAWQ KLIWAN SURAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview
[img] Text (IKHTILAT AL SHAFARAT AL 'ARABIYYAH FI AL MUHADATHAH AL INDONESIYYAH (DIRASAH QADIYYAH FI QARYAT AL 'ARAB SHAWQ KLIWAN SURAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Ikhtilat asy-Syifrat al-‘Arabiyyah fi al- Muhadasati al-Indunisiyyah (Dirasah Qadiyyah fi Qaryati al-‘Arab Syauq Kliwan Surakarta) Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh ketertarikan untuk menghimpun dan mendeskripsikan fenomena unik berupa campur kode bahasa Arab dalam penggunaan bahasa Indonesia dan Jawa yang terjadi di Kampung Arab kelurahan Pasar Kliwon kota Surakarta provinsi Jawa Tengah, merupakan alasan penulis memilih judul dalam penelitian ini. Oleh karena itu, penulis mereduksi rumusan dua rumusan masalah yang pertama bagaimana bentuk campur kode (code-mixing) yang digunakan oleh penutur Kampung Arab Pasar Kliwon Surakarta, dan pertanyaan yang kedua apakah faktor penyebab adanya peristiwa campur kode (code-mixing) yang digunakan oleh penutur Kampung Arab Pasar Kliwon Surakarta. Teori yang peneliti gunakan dan ajukan adalah teori campur kode. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan metode yang digunakan untuk mengolah data yang didapatkan menggunakan metode deskriptif karena jenis pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yang disajikan secara informal Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai bentuk campur kode bahasa yaitu yang pertama berupa tingkatan kata yaitu, kata kerja, kata benda, kata sifat, kata bilangan, kata tanya, kata ganti persona, kata keterangan waktu, kata keterangan keadaan, dan kata sapaan; yang kedua berupa klausa; dan yang ketiga kalimat. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya fenomena campur kode di Kampung Arab Pasar Kliwon diklasifikasikan menjadi dua, yaitu ekstralinguistik dan intralinguistik, ekstralinguistik berupa kebiasaan penggunaan bahasa, mempertinggi prestise atau penghormatan, menunjukn eksistensi diri penutur sebagai keturunan Arab di Kampung Arab Pasar Kliwon Surakarta, dan konteks meliputi waktu, tempat, dan situasi. Faktor intralinguistik berupa kebiasaan penggunaan bahasa, mempersingkat bahasa, dan keterbatasan bahasa, yakni bahasa Indonesia tidak mewahanai bahasa Arab yang digunakan dalam percakapan, sehingga bahasa Arab ini tidak bisa digantikan dengan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ening Herniti, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: fenomena unik berupa campur kode bahasa Arab
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Dec 2015 10:47
Last Modified: 04 Dec 2015 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18528

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum