AL 'ALAQAH BAYNA SHI'R AL QUDS LI TIRAR AL QABANIY WA AL QUDS AL 'ATIQAH LI FAYRUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH TANASIYYAH)

ANANDA EMIEL KAMALA, NIM. 11110041 (2015) AL 'ALAQAH BAYNA SHI'R AL QUDS LI TIRAR AL QABANIY WA AL QUDS AL 'ATIQAH LI FAYRUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH TANASIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL 'ALAQAH BAYNA SHI'R AL QUDS LI TIRAR AL QABANIY WA AL QUDS AL 'ATIQAH LI FAYRUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH TANASIYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AL 'ALAQAH BAYNA SHI'R AL QUDS LI TIRAR AL QABANIY WA AL QUDS AL 'ATIQAH LI FAYRUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH TANASIYYAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Seiring berkembangnya karya sastra berupa puisi tentunya lahir juga banyak variasi yang timbul di dalamnya, dari segi bentuk, gaya, serta bahasa. Banyak orang beranggapan untuk memahami sebuah karya tulis berupa puisi tidaklah mudah, puisi Arab misalnya. Dewasa ini, sering kita jumpai adanya puisi ataupun karya sastra lain yang memiliki tema atau judul yang sama, sebagaimana pada puisi Nizar dan Fairuz. Dari kesamaan yang ada pada judul puisi keduanya menggugah penulis untuk mengkajinya dengan kajian intertekstual dengan judul “Hubungan Antara Puisi al-Quds Karya Nizar Qobbani dan al-Quds al-‘Atiqah Karya Fairuz Kajian Intertekstual”. Kajian Intertekstual selalu mengedepankan asumsinya bahwa sebuah teks ataupun karya tulis lahir tidak berangkat dari sebuah kekosongan budaya. Namun dalam kajian ini, sebuah teks maupun karya tulis antara satu dengan yang lainnya saling ada kesinambungan atau juga hubungan dalam terciptanya sebuah karya tulis tersebut. Sebuah karya sastra baru akan mendapatkan makna hakikinya setelah dikontraskan dengan karya-karya lainnya, yang kemudian akan terlihat teks yang menjadi hipogram atau transformasi. Dengan demikian tak jarang orang selalu mengkaitkan antara karya tulis satu dengan yang lainnya, dalam puisi atau novel misalnya. Gambaran besar dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya hubungan antara puisi Al-Quds karya Nizar Qobbani dan Al-Quds Al-‘Atiqah karya Fairuz. Hubungan yang terjadi antara keduanya adalah sama-sama menguatkan atau mengkonvensi pesan yang ingin disampaikan oleh masingmasing penyair yang sama-sama menjelaskan tentang keadaan negara Palestina. Kata kunci: puisi, intertekstual, teks hipogram, teks transformasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Taufiq A. Dardiri, SU
Uncontrolled Keywords: puisi, intertekstual, teks hipogram, teks transformasi
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Dec 2015 08:13
Last Modified: 10 Dec 2015 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum