ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIT TI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA UNTUK MERUMUSKAN KEBUAKAN PENGEMBANGAN KOLEKSI

ENDAH SUSILOWATI, NIM. 02141209 (2007) ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIT TI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA UNTUK MERUMUSKAN KEBUAKAN PENGEMBANGAN KOLEKSI. Skripsi thesis, FAKULTAS ADABUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (18MB)

Abstract

Perpustakaan Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh seluruh civitas akademika dalam mendapatkan literatur yang mereka perlukan. Untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna, perpustakaan harus mampu mengkaji atau mengenali siapa masyarakat pengguna dan informasi apa yang diperlukan. Koleksi yang baik adalah yang dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat pengguna. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui koleksi-koleksi apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna dan untuk mengetahui seberapa besar kesesuaian antara koleksi yang dibutuhkan oleh pengguna dengan koleksi yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Unit II UAD. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi UPT Perpustakaan Unit TI Universitas Ahmad Dahlan dalam mengoptimalkan koleksi, mengetahui lingkungan pengguna, dan merumuskan kebijakan pengembangan koleksi yang sesuai dengan pengguna yang dilayaninya. Penelitian ini merupakan penelitian survey, dengan obyek penelitian pemakai UPT Perpustakaan Unit II UAD. Untuk memperoleh data yang valid, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. HasH dari penelitian ini menunjukkan bahwa koleksi yang dibutuhkan pengguna dilihat dari jenis dan subyeknya adalah sangat beragam. Responden yang paling banyak, membutuhkan koleksi jenis buku, skripsi dan laporan penelitian sedangkan berdasarkan subyeknya yang paling banyak dibutuhkan adalah subyek bahasa dan kesusasteraan. Koleksi yang dimiliki UPT Perpustakaan unit II UAD menurut pengguna sudah sesuai dengan kebutuhan mereka, akan tetapi tidak lengkap. Ketidaklengkapan tersebut dapat dilihat dari perbandingan antara jumlah koleksi yang dibutuhkan dengan koleksi yang tersedia di perpustakaan. Koleksi yang paling banyak dibutuhkan pengguna adalah bahasa dan kesusasteraan, di perpustakaan hanya ada 20,85 % dan 14,66 %. Sedangkan koleksi yang terbanyak tetapi jarang digunakan adalah ilmu-ilmu sosial (47,05 %). Pengembangan koleksi selanjutnya harus lebih menekankan pada kebutuhan pengguna Saran bagi pengguna perpustakaan adalah agar lebih mengutamakan kebutuhan pengguna dalam proses pengembangan koleksi. Dengan demikian diharapkan perputakaan Unit TI UAD dapat manfaatkan oleh penggunaya secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Purwono, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan pengguna, Pengembangan koleksi.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 04 Dec 2015 08:00
Last Modified: 08 Dec 2015 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18569

Actions (login required)

View Item View Item