ESTIMASI VALUE AT RISK (VaR) DENGAN METODE SIMULASI MONTE CARLO - COPULA GUMBEL (Studi Kasus : Saham Syariah yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) Periode 1 Januari 2014 – 13 Maret 2015)

ANNISA DAMASARI, NIM. 11610010 (2015) ESTIMASI VALUE AT RISK (VaR) DENGAN METODE SIMULASI MONTE CARLO - COPULA GUMBEL (Studi Kasus : Saham Syariah yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) Periode 1 Januari 2014 – 13 Maret 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ESTIMASI VALUE AT RISK (VaR) DENGAN METODE SIMULASI MONTE CARLO - COPULA GUMBEL (Studi Kasus : Saham Syariah yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) Periode 1 Januari 2014 – 13 Maret 2015))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ESTIMASI VALUE AT RISK (VaR) DENGAN METODE SIMULASI MONTE CARLO - COPULA GUMBEL (Studi Kasus : Saham Syariah yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) Periode 1 Januari 2014 – 13 Maret 2015))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Investasi merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk memperoleh keuntungan di masa mendatang. Keuntungan optimal dengan risiko yang minimal merupakan keinginan semua investor. Risiko tidak dapat dihindari namun dapat dikelola dan diperkirakan menggunakan alat ukur Value at Risk (VaR). Akan tetapi VaR memiliki asumsi distribusi normalitas yang jarang dimiliki oleh data keuangan runtun waktu. Copula merupakan suatu metode yang tidak memiliki asumsi normalitas. Copula mencakup distribusi gabungan (joint distributions) dari masing-masing variabel, sehingga copula merupakan suatu alat yang cocok untuk memodelkan variabel yang memiliki dependensi. Untuk mendapatkan hasil return yang tinggi dapat digunakan salah satu subcopula yang sensitif terhadap variabel yang memiliki korelasi erat dengan return yang tinggi, yaitu copula Gumbel. Langkah-langkah utama pada estimasi VaR dengan metode simulasi Monte Carlo – copula Gumbel adalah menentukan model untuk masing-masing variabel, mentransformasikan masing-masing residual, membentuk struktur dependensi, melakukan simulasi return berdasarkan copula Gumbel dan menghitung VaR dengan simulasi Monte Carlo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sepasang saham syariah yang memiliki korelasi kuat sebesar 0.565745, yaitu log-return bulanan saham Wijaya Karya (Persero) (WIKA.JK) dan PP (Persero) (PTPP.JK) periode 1 Januari 2014 sampai 13 Maret 2015. Kedua saham ini mengandung autokorelasi sehingga dimodelkan ke dalam bentuk MA(1) dan didapatkan model . Dari model ini, diperoleh hasil estimasi kerugian adalah sebesar 7.3264% untuk satu bulan ke depan. Kata kunci : Monte Carlo, Value at Risk (VaR), Copula, Copula Gumbel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Palupi Sri Wijayanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Monte Carlo, Value at Risk (VaR), Copula, Copula Gumbel
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Dec 2015 02:17
Last Modified: 08 Dec 2015 02:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18593

Actions (login required)

View Item View Item