ANALISIS RISIKO INVESTASI SAHAM SYARI’AH DENGAN MODEL VALUE AT RISK-THRESHOLD AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROCEDASTICITY (VaR-TARCH) (Studi Kasus: Indeks Harga Saham JII Periode 4 Maret 2013 Sampai 27 Februari 2015)

TAUFAN WAHYUDI, NIM. 11610015 (2015) ANALISIS RISIKO INVESTASI SAHAM SYARI’AH DENGAN MODEL VALUE AT RISK-THRESHOLD AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROCEDASTICITY (VaR-TARCH) (Studi Kasus: Indeks Harga Saham JII Periode 4 Maret 2013 Sampai 27 Februari 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RISIKO INVESTASI SAHAM SYARI’AH DENGAN MODEL VALUE AT RISK-THRESHOLD AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROCEDASTICITY (VaR-TARCH) (Studi Kasus: Indeks Harga Saham JII Periode 4 Maret 2013 Sampai 27 Februari 2015))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RISIKO INVESTASI SAHAM SYARI’AH DENGAN MODEL VALUE AT RISK-THRESHOLD AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROCEDASTICITY (VaR-TARCH) (Studi Kasus: Indeks Harga Saham JII Periode 4 Maret 2013 Sampai 27 Februari 2015))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan dalam berinvestasi perlu memperhatikan besar risiko yang akan diperoleh pada waktu yang akan datang. Karena dengan mengetahui besar risikonya maka bisa untuk bahan pertimbangan dalam membeli suatu saham. Dalam menghitung risiko diperlukan nilai volatilitas suatu saham, dengan cara didekati dengan nilai standar deviasi. Permasalahannya adalah setiap hari perubahan volatilitas saham tidak konstan serta data saham tidak simetris (asimetris). Oleh karena itu, diperlukan alat yang dapat memprediksi nilai volatilitas. Dalam ilmu statistika, alat untuk memprediksi nilai volatilitas yaitu dengan pemodelan peramalan. Salah satu alat dalam peramalan adalah model TARCH (p,q). Kemudian pemodelan TARCH (p,q) tersebut dikombinasikan dengan model VaR untuk memprediksi besar risiko. Penelitian ini menggunakan data indeks harga saham harian Jakarta Islamic Index (JII) periode 4 Maret 2013 sampai 27 Februari 2015. Penelitian ini membahas tentang analisis risiko saham dengan model VaRTARCH (p,q) pada indeks saham JII. Langkah-langkah pada analisis risiko dengan model VaR-TARCH (p,q) ini adalah 1) Menguji kestasioneran data; 2) Identifikasi model ARIMA (p,d,q); 3) Mengestimasi model ARIMA (p,d,q); 4) Menguji diagnosa model ARIMA (p,d,q). 5) Menguji efek ARCH. 6) Identifikasi model GARCH (p,q); 7) Mengestimasi model GARCH (p,q); 8) Menguji diagnosa model GARCH (p,q); 9) Identifikasi volatilitas data; 10) Mengidentifikasi model TARCH (p,q); 11) Mengestimasi model TARCH (p,q); 12) Mendiagnosa model TARCH (p,q); 13) Menghitung VaR-TARCH (p,q); 14) Menguji Validitas model VaR-TARCH (p,q). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model TARCH (3,0,0) dengan threshold 1 adalah model terbaik untuk memodelkan volatilitas. Perhitungan VaRTARCH (3,0,0) threshold 1 diperoleh bahwa jika dimisalkan dana investasi awal Rp.10.000.000,00, model valid untuk meramalkan risiko 1 hari kedepan dan 6 hari kedepan dengan besar risiko berturut-turut Rp.260.093,00 dan Rp. 637.096,00. Kata kunci : Asimetris, Heterokedasticity, Jakarta Islamic Index (JII), Return,Risiko, TARCH (p,q), Value at Risk (VaR), Volatilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Farhan Qudratullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Asimetris, Heterokedasticity, Jakarta Islamic Index (JII), Return,Risiko, TARCH (p,q), Value at Risk (VaR), Volatilitas
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Dec 2015 11:11
Last Modified: 08 Dec 2015 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18595

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum