METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL ANAK DI PLAY GROUP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

SUPRIYANTINI, NIM. 03410083 (2007) METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL ANAK DI PLAY GROUP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL ANAK DI PLAY GROUP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL ANAK DI PLAY GROUP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang metode bermain dalam meningkatkan kecakapan sosial anak di Play Group Budi Mulia Dua Yogyakarta serta kendala-kendalanya yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan dalam pelaksanaan metode bermain di Play Group Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Play Group Budi Mulia Dua Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu triangulasi dengan menggunakan : sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan metode hermain hagi anak prasekolah dalam meningkatkan kecakapan sosial di Play Group Budi Mulia Dua Yogyakarta dikategorikan menjadi tiga yaitu: pertama, bermain paralel. Adapun macam-macam permainannya yakni bermain puzzle, balok, komputer, bermain bebas, bernyanyi , bermain tepuk-tepuk. prereading dan writing. Kedua, bermain asosiatif: Adapun macam-macam permainannya yakni melukis. mewarnai, cooking class (menghias roti dan membuat wajah diatas kue). Ketiga, bermain bersama atau kooperatif. Bentuk permainan dari jenis bermain bersama yakni bermain gerak dan lagu. (2) Hasil pelaksanaan metode bermain dalam meningkatkan kecakapan sosial bagi anak prasekolah sudah berjalan baik, bermain merupakan faktor pertama dan utama bagi anak sekolah untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak mempunyai pengaruh yang positif dalam meningkatkan kecakapan sosialnya. Hal ini dapat dilihat dari indikator perilaku sosial anak yang meningkat dan menjadi lebih baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga. (3) Faktor yang mendukung pelaksanaan metode bermain dalam meningkatkan kecakapan sosial anak prasekolah adalah sarana dan prasarana yang sudah memadai, kemampuan guru yang sesuai dengan bidangnya dalam pendidikan anak Usia dini. kondisi psikologis dan keadaan anak yang siap menerima materi melalui bermain, pendalaman yang cukup baik dari orangtua maupun dari sekolah sendiri, tata tertib yang baik, serta dukungan dan motivasi orangtua dalam proses pembelajaran anak di kelas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu walau sarana dan prasarana sudah memadai namun untuk bermain bebas masih kurang seperti bak pasir, kandang binatang dan lahan untuk bercocok tanam, kemudian kondisi psikologis dan keadaaan anak yang tidak menentu sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi tidak lancar kurangnya sebagian motivasi dan dukungan orantua pada saat pembelajaran dikelas seperti selalu menunggu putra-putrinya sehingga menghambat berkembangnya kecakapan sosial terhadap guru maupun temannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bermain, kecakapan sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Dec 2015 08:10
Last Modified: 11 Dec 2015 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18613

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum