PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI Dl MAN WONOKROMO BANTUL

NUR AISYAH SITORUS, NIM. 02421314 (2007) PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI Dl MAN WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI Dl MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI Dl MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi dalam pembelajaran bahasa Arab dan profesionalisme guru dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis kompetensi di MAN Wonokromo Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah referensi dan kreatifitas bagi para guru babasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis kompetensi, agar pembelajaran bahasa Arab dapat dikelola secara profesional. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan mengambil latar MAN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode triangulasi yaitu proses mengorganisasikan data dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan suant uraian dasar sehingga dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab sudah dikelola sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi. Yang mana dalam proses pembelajaran berbasis kompetensi guru bahasa Arab sudah menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, proses penilaian juga sudah mencakup tiga aspek yaitu kognitif afektif dan psikomotorik. Hanya saja untuk penilaian pada aspek afektif dan psikomotorik tidak ada standar penilaian, sebingga guru melakukan penilaian berdasarkan perkiraan saja. Pembelajaran bahasa Arab mcngalami bambatan discbabkan fali.or yang bcrasal dari siswa, yaitu mayoritas siswa berasal dari SLTP dan barn mendapatkan pelajaran babasa Arab di MAN. Kompetensi yang dimiliki guru bahasa Arab MAN Wonokromo sudah cukup memadai, hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme gwu bal1asa Arab MAN Wonokromo sudah tercapai. Walaupun ada guru yang berasa.l dari pendidikan non keguruan namun hal itu tidak dapat dijadikan sebagai klaim bahwa guru tidak profesional menjalankan tugasnya, karena dari pengalaman mengajar yang sudah cukup lama dapat menjadikan seseorang menguasai teknik-teknik pengajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, kompetensi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Dec 2015 08:50
Last Modified: 11 Dec 2015 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum