KORELASI ANTARA HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014

UMI KHUSNUL KHOTIMAH, NIM. 10420107 (2014) KORELASI ANTARA HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)

Abstract

UMI KHUSNUL KHOTIMAH. Korelasi antara Hafalan Al-Qur’an dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Negeri Gubukrubuh Gunungkidul Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa MTs Negeri Gubukrubuh Gunungkidul. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi pengelola pendidikan atau guru pada umumnya, sekaligus sebagai bahan evaluasi pembelajaran bahasa Arab, khususnya di MTs Negeri Gubukrubuh Gunungkidul dalam rangka untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian berjumlah 28 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan persyaratan uji normalitas data dan analisis regresi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata siswa pada variabel hafalan Al-Qur’an adalah 85,32 sedangkan besarnya nilai rata-rata siswa pada variabel prestasi bahasa Arab adalah 83,18. Hal ini berarti bahwa nilai rata-rata bahasa Arab siswa lebih besar dari nilai rata-rata hafalan Al-Qur’an. Dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah 0,484, dan signifikannya 0,009 yang kurang dari 0,05. Ini berarti bahwa ada korelasi antara hafalan Al- Qur’an dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa MTs Negeri Gubukrubuh Gunungkidul. Sedangkan dari hasil Regresi dapat diketahui besarnya koefisien determinasi yaitu 0,454. Hal ini mengandung pengertian bahwa pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah 45,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, MA
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2015 10:30
Last Modified: 11 Dec 2015 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18617

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum