STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL

DIAN RAFI' RASITA, NIM: 02431121 (2007) STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (88MB)

Abstract

Metode pembelajaran matematika yang kebanyakan masih digunakan oleh guru adalah metode ekspositori. Guru kurang mengembangkan kegiatan pembelajaran yang membuat siswa kritis dan kreatif. Pembelajaran matematika hendaknya dikaitkan seoptimal mungkin dengan kehidupan dunia nyata dan alam pikiran siswa sehingga bermakna dalam kehidupan siswa dan tidak terasa abstrak. Pembelajaran matematika yang kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa mendapat pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada pembelajaran matematika tanpa pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran, (2) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre-test Post-test Equivalent-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Piyungan Kabupaten Bantu!. Sedangkan sampel penelitiannya diambil 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Anal isis data yang digunakan meliputi anal isis deskriptif dan pengujian hipotesis. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas varians. Uji prasyarat analisis ini dilakukan dengan menggunakan program SPS-2005-BL edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih, sedangkan uji hipotesis dilakukan secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada pembelajaran matematika tanpa pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran yang ditunjukkan oleh basil gain skor yang oiperoleh siswa (2) Siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sugiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran konstektual
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Dec 2015 10:43
Last Modified: 11 Dec 2015 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18618

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum