PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA SUB MATERI POKOK SISTEMATIKA VERTEBRATA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X

RIESA ALFIERA, NIM. 08680005 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA SUB MATERI POKOK SISTEMATIKA VERTEBRATA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA SUB MATERI POKOK SISTEMATIKA VERTEBRATA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA SUB MATERI POKOK SISTEMATIKA VERTEBRATA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Flash card pada sub materi pokok Sistematika vertebrata untuk siswa kelas X SMA/MA dan mengetahui kualitas media pembelajaran Flash card Sistematika vertebrata yang telah dikembangkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa SMA/MA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Kualitas media pembelajaran dinilai oleh reviewer (1 ahli media, 1 ahli materi, 3 peer reviewer dan 1 guru biologi). Uji coba terbatas dilakukan oleh 35 orang siswa kelas X MAN Lab UIN Yogyakarta. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran Flash card Sistematika vertebrata yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan hasil penilaian para ahli (ahli materi dan ahli media), peer reviewer, dan guru, kualitas media pembelajaran Flash card Sistematika vertebrata Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 86,7% sedangkan berdasarkan respon 35 orang siswa hasilnya Baik (B) dengan persentase keidealan 83,4%. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flash card Sistematika vertebrata yang dilakukan dengan model ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Kata Kunci : Flash card , Media Pembelajaran, , Sistematika Vertebrata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Flash card , Media Pembelajaran, , Sistematika Vertebrata.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2015 08:30
Last Modified: 14 Dec 2015 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum