UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAP KELAS X A MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

SUNDARI SARASATI, NIM. 08680011 (2015) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAP KELAS X A MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAP KELAS X A MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAP KELAS X A MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (435kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas X A MAN Lab UIN dengan menggunakan metode mind map, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X A MAN Lab UIN menggunakan metode mind map. Peningkatan motivasi dan hasil belajar diupayakan dengan menggunakan metode mind map. Desain penelitian yang digunkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X A MAN Lab UIN Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran Biologi. Data motivasi siswa diperoleh melalui angket motivasi, sedangkan data hasil belajar Biologi siswa diperoleh melalui lembar soal pre-test dan post-test. Data motivasi siswa dianalisis dengan analisis deskriptif statistik dalam bentuk presentase, sedangkan data hasil belajar siswa dilakukan teknik efek pada satu rerata dengan rumus effect size d cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind map dapat terlaksana dengan baik serta menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas X A MAN Lab UIN Yogyakarta. Peningkatan motivasi belajar Biologi siswa melalui metode mind map dapat dilihat dari presentase sebesar 83,5% (baik). Peningkatan hasil belajar Biologi siswa dapat diketahui dari nilai effect size d cohen sebesar 0,85 dengan kategori efek besar. Kata Kunci: Metode Mind Map, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Map, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2015 08:30
Last Modified: 14 Dec 2015 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum