PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTU ASKING CARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

SUTARNO, NIM. 08680069 (2015) PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTU ASKING CARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTU ASKING CARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTU ASKING CARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick berbantu asking card terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi pokok pencemaran lingkungan kelas X MAN Lab UIN Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Pretest Posttest Design. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X di MAN Lab UIN Yogyakarta, dengan kelas XC sebagai kelas kontrol dan kelas XB sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data adalah tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data motivasi belajar menggunakan uji statistik Mann-Whitney U-test, sedangkan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t dua sampel atau independent sample t-test. Berdasarkan hasil angket motivasi, diperoleh skor motivasi belajar kelas kontrol sebesar 73,97 dan kelas eksperimen sebesar 79,10. Berdasarkan uji Mann Whitney U-test, motivasi belajar siswa signifikan rata-rata berbeda pada kelas kontrol dan kelas eksperimen ditunjukkan dengan p value < 0,05. Demikian pula, hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 73,64 dan kelas eksperimen sebesar 81,38. Berdasarkan uji t-test, motivasi belajar siswa pada aspek kognitif signifikan rata-rata berbeda antara kelas kontrol dan kelas eksperimen ditunjukkan dengan p value < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode talking stick berbantu asking card berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MAN Lab UIN Yogyakarta. Kata Kunci: Metode Talking Stick, Asking Card, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Talking Stick, Asking Card, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2015 08:31
Last Modified: 14 Dec 2015 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum