PENGEMBANGAN MODUL HAVE FUN WITH BIOLOGY PADA MATERI POKOK EUBACTERIA DAN ARCHAEBACTERIA SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

EDY MUHARTONO, NIM. 09680034 (2015) PENGEMBANGAN MODUL HAVE FUN WITH BIOLOGY PADA MATERI POKOK EUBACTERIA DAN ARCHAEBACTERIA SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL HAVE FUN WITH BIOLOGY PADA MATERI POKOK EUBACTERIA DAN ARCHAEBACTERIA SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL HAVE FUN WITH BIOLOGY PADA MATERI POKOK EUBACTERIA DAN ARCHAEBACTERIA SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Have Fun with Biology sebagai bahan ajar untuk siswa kelas X SMA/ MA dan untuk mengetahui kualitas modul yang telah dikembangkan sebagai bahan ajar. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penilaian produk berupa lembar angket yang terdiri dari 3 komponen, yaitu kelayakan materi/ isi, bahasa/ kebahasaan, dan penyajian modul. Produk dinilai oleh ahli materi, ahli media, ahli games, dan 4 peer reviewer. Uji terbatas dilakukan pada 3 guru biologi dan 10 siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif sehingga diketahui kualitas modul. Kualitas modul menurut penilaian dari para ahli dan peer reviewer berkategori sangat baik, tetapi ahli materi menilai produk ini dengan kategori baik. Guru biologi dan siswa memberikan nilai produk berkatgori sangat baik dengan persentase ideal berturutturut 91,46%; dan 88%. Hasil penilaian modul secara keseluruhan berkategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 85,73%. Dengan demikian modul Have Fun with Biology materi pokok Eubacteria dan Archaebacteria layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa kelas X SMA/ MA. Kata Kunci: Modul, Eubacteria dan Archaebacteria, Bahan Ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul, Eubacteria dan Archaebacteria, Bahan Ajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2015 08:31
Last Modified: 14 Dec 2015 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum