ANALISIS MISKONSEPSI BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA SISWA KELAS XI IPA

ANIS ARZIA MUNTIANI, NIM. 10680048 (2015) ANALISIS MISKONSEPSI BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA SISWA KELAS XI IPA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MISKONSEPSI BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA SISWA KELAS XI IPA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MISKONSEPSI BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA SISWA KELAS XI IPA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi biologi pada siswa kelas XI IPA di SMA di Kabupaten Bantul yaitu SMAN 2 Banguntapan dan MAN Lab UIN pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan dengan menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan (1) untuk mengetahui persentase siswa yang tahu konsep, tidak tahu konsep dan mengalami miskonsepsi pada materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan, dan (2) untuk mengetahui konsep dimana siswa paling banyak mengalami kesalahan dalam menjawab butir soal materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan. Subyek penelitian yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 dari SMAN 2 Banguntapan serta kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dari MAN Lab UIN. Data dikumpulkan menggunakan tes obyektif soal multiple choice yang dilengkapi dengan lembar respon CRI. Dalam menjawab soal, siswa juga diminta untuk membubuhkan nilai CRI (0-5) yang besarnya sesuai dengan tingkat kepercayaannya dalam menjawab soal tersebut. Data di analisis dengan membandingkan benar tidaknya jawaban yang dipilih dengan nilai CRI yang diisi oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi masih ditemukan pada beberapa konsep materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan dengan persentase miskonsepsi kelas XI IPA SMAN 2 Banguntapan sebesar 25%, tahu konsep sebesar 51,1% dan tidak tahu konsep 23,88% dengan subkonsep dimana siswa paling banyak mengalami kesalahan dalam menjawab soal adalah subkonsep struktur jaringan epitel dan struktur jaringan otot. Sedangkan, persentase miskonsepsi kelas XI IPA MAN Lab UIN sebesar 28,84%, tahu konsep sebesar 38,89% dan tidak tahu konsep sebesar 32,23% dengan subkonsep dimana siswa paling banyak mengalami miskonsepsi dalam menjawab soal adalah subkonsep struktur jaringan epitel, struktur jaringan pengikat, struktur jaringan otot dan fungsi jaringan otot. Kata Kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Struktur dan Fungsi Jaringan pada Hewan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Eka Sulistiyowati, M.A., M.IWM
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Struktur dan Fungsi Jaringan pada Hewan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2015 01:29
Last Modified: 15 Dec 2015 01:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18636

Actions (login required)

View Item View Item