PENGARUH PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL ) MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

HAIBATUN NISA', NIM. 10680051 (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL ) MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL ) MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL ) MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) melalui praktikum terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor kelas VII di SMP N 14 Yogyakarta materi sistem organisasi kehidupan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest/posttest) dan non test (angket dan lembar observasi). Analisis data hasil belajar pada aspek kognitif menggunakan t-test for two independent sampel, sedangkan untuk hasil belajar pada aspek afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pendekatan SAVI melalui praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif (ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000. nilai 0.000 < α (0,05)). 2) Pendekatan SAVI melalui praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif (ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji Mann Whitney sebesar sebesar 0,001. nilai 0,001 < α (0,05)). 3) Pendekatan SAVI melalui praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek psikomotor (ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji Mann Whitney sebesar 0,000. nilai 0,000 < α (0,05)). Kata Kunci : pendekatan SAVI, praktikum, hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendekatan SAVI, praktikum, hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor).
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2015 08:33
Last Modified: 15 Dec 2015 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum