PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA PRAKTIKUM BIOLOGI MATERI Archaebacteria Dan Eubacteria UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X

ZUKHRUFATUL AZIZAH, NIM. 10680054 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA PRAKTIKUM BIOLOGI MATERI Archaebacteria Dan Eubacteria UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA PRAKTIKUM BIOLOGI MATERI Archaebacteria Dan Eubacteria UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA PRAKTIKUM BIOLOGI MATERI Archaebacteria Dan Eubacteria UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian aspek psikomotor pada praktikum biologi materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa SMA/MA kelas X dan mengetahui kualitasnya sebagai alat penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan 3 tahap awal dari model pengembangan 4-D yaitu Define, Design dan Development. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri 7 komponen yaitu kelayakan materi/isi, penyajian materi/isi, bahasa, grafika, objektifitas, substansi dan keterlaksanaan. Produk dinilai dan dilakukan validasi desain oleh ahli materi, ahli media dan ahli evaluasi serta dinilai oleh 5 peer reviewer. Uji keterbacaan produk dilakukan oleh 3 guru biologi dan 15 siswa MAN Kandangan. Data kualitatif yang diperoleh dari hasil penilaian dikonversi menjadi skor kuantitatif. Kualitas produk menurut penilaian reviewer dan peer reviewer berkategori sangat baik. Kualitas produk menurut guru biologi dan siswa berkategori sangat baik dengan persentase keidealan 83,60% dan 81,90%. Dengan demikian Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor layak dan dapat digunakan sebagai salah satu alat penilaian dalam kegiatan praktikum biologi untuk siswa SMA/MA kelas X. Kata kunci: instrumen penilaian, praktikum, aspek psikomotor, Archaebacteria dan Eubacteria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lela Susilawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, praktikum, aspek psikomotor, Archaebacteria dan Eubacteria.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2015 08:48
Last Modified: 15 Dec 2015 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum