NILAI-NILAI KEPRIBADIAN ISLAM DALAM SERIAL KOMIK (Studi Terhadap Komik "Hai, Miiko!" Karya Ono Eriko Dengan Perspektif Pendidikan Islam)

UMMA ZAKIYAH DAROJAT, NIM. 02411150 (2007) NILAI-NILAI KEPRIBADIAN ISLAM DALAM SERIAL KOMIK (Studi Terhadap Komik "Hai, Miiko!" Karya Ono Eriko Dengan Perspektif Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KEPRIBADIAN ISLAM DALAM SERIAL KOMIK (Studi Terhadap Komik "Hai, Miiko!" Karya Ono Eriko Dengan Perspektif Pendidikan Islam))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KEPRIBADIAN ISLAM DALAM SERIAL KOMIK (Studi Terhadap Komik "Hai, Miiko!" Karya Ono Eriko Dengan Perspektif Pendidikan Islam))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang nilai-nilai kepribadian yang terdapat dalam serial komik "Hai, Miiko!" karya Ono Eriko. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan bahan pertimbangan bagi guru maupun para orang tua dalam mendidik serta mengajarkan tentang nilai-nilai ataupun norma sebagai bekal hidup anak ataupun anak didik demi menunjang Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif yaitu berusaha menguraikan nilai-nilai kepribadian yang terdapat dalam komik "Hai, Miiko!". Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan melakukan analisis deskriptif dari cerita yang terdapat dalam komik kemudian dari analisis tersebut ditarik kesimpulan tentang nilai-nilai kepribadian Islam yang terdapat dalam komik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kepribadian Islam yang terdapat dalam komik "Hai, Miiko!" antara lain: pantang menyerah, menghargai karya orang lain, berkorban demi orang lain, mensyukuri nikmat, meminta maaf, senang membantu menyampaikan kebenaran, jujur, bercita-cita tinggi, tidak berprasangka buruk, menyayangi binatang, berbakti kepada orang tua dan membina persaudaraan. Dalam perspektif pendidikan Islam, komik tersebut memiliki unsurunsur yang terdapat dalam pendidikan Islam, yakni (1) Tujuan pendidikart adalah memberikan berbagai pengetahuan dasar walaupun tidak sistematis. (2) Materi yang diberikan adalah mengenai hal-hal yang tcrjadi dalam kehidupan s'ehari-hari. (3) Metode yang terdapat dalam komik yaitu, a) metode keteladanan. b) Metode pembiasaan. c) Metode cerita/kisah. d) Metode nasehat. e) Metode hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait., M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 17 Dec 2015 10:50
Last Modified: 17 Dec 2015 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum