NILAI-NILAI TAUHID DALAM AL-QURAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab tentang Surat Al-Fatihah, Al-Alaq Ayat 1-5 dan Al-Ikhlas)

ZAKIYATUS SYARIFAH, NIM. 02411441 (2007) NILAI-NILAI TAUHID DALAM AL-QURAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab tentang Surat Al-Fatihah, Al-Alaq Ayat 1-5 dan Al-Ikhlas). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI TAUHID DALAM AL-QURAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab tentang Surat Al-Fatihah, Al-Alaq Ayat 1-5 dan Al-Ikhlas))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI TAUHID DALAM AL-QURAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab tentang Surat Al-Fatihah, Al-Alaq Ayat 1-5 dan Al-Ikhlas))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertuj uan untuk menggali nilai-nilai tauhid dalam al-Qur'an surat al-Fatihah~ al-1Alaq ayat 1-5 dan al-Ikhlas studi Tafsir Al-Misbah dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berarti bagi pengembangan Pendidikan Agama. Islam ke depan, minimal dapat memberikan altemasi bagi perkembangan Pendidikan Agama Islam. Peneliatian ini merupakan penclitian kualitatif yang datanya diperoleh melalui swnber literer (Library Research), yaitu kajian literatur me.lalui riset kepustak:aan. Sember data primemya adalah Tafsir Al-Misbah Vol I dan 15 karya M. Quraish Shihab. Sedang data Sekundemya adalah buku-buku karya M. Quraish Shihab yang lain dan beberapa kitab tafsir yang penyusun pilih serta buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan. Metode analisis yang digunakan, adalah: pertama deskripsi, menguraikan penafsiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah untuk memperoleh pemahaman umum mengenai tauhid dalam al-Qur'an; kedua induksi dan deduksi, digunakan untuk mencari niali-nilai tauhid dalam al-Qur'an; ketiga komparasi, membandingkan konsep Pendidikan Agama Islam dengan konsep pendidikan dalam al-Qur'an kemudian dicari relevansi antar keduanya. Hasil penelitian menuajukkan bahwa dalam al-Qur'an sebagaimana diungkap Tafsir Al-Misbah terkandung nilai-nilai tauhid, pertama, dalam surat alFatihah terkandung ajaran untuk melibatkan Allah dalam segala aktifitas, senantiasa memuji dan bersyukur kepada AUah Swt., meyakini bahwa Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, meyakini adanya hari Kemudian, beribadah dan memohon pertolongan hanya kepada Allah Swt., dan senantiasa memohon petunjuk kepada-Nya; kedua, dalam surat al-'Alaq ayat 1-5 termuat tuntunan agar menjadikan Allah sebagai tujuan hidup dan meyakini bahwa Allah Pencipta segala sesuatu; ketiga, dalam surat al-Ikhlas ditemukan tuntunan memumikan keesaan Allah dan menjadikan Allah sebagai tempat bergantung. Kesemuaan nilai-nilai tersebut merupakan kesatuan dalam mentauhidkan Allah, Sang Khaliq yang patut disembah. Relevansi nilai-nitai tauhid tersebut dengan Pendidikan Agama Islam adalah bahwa al-Qur'an sebagai pedoman Pendidikan Agama Islam mengandung konsep-konsep pendidikan. Setidaknya terdapat tiga komponen pendidikan, yaitu tujuan, materi dan metode. Nilai-nilai tauhid tersebut bila ditarik kesimpulan berupa: memahami Allah secara benar, ibadah kepada Allah dan kontekstualisasi ibadah dalam kehidupan masyarakat. Dalam beberapa ayat tersebut terkandung materi akidah, syariat dan akhlak. Metode yang terkandung di dalamnya adalah metode nasihat, metode kisah-kisah, metode kebiasaan, metode eksperimen, metode tulisan dan metode penalaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 17 Dec 2015 11:00
Last Modified: 17 Dec 2015 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18680

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum