PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU BRAILLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM YOGYAKARTA

Andi Priyana, NIM.03141670 (2007) PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU BRAILLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU BRAILLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU BRAILLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan koleksi buku braille sebagai sumber belajar siswa di SLB/ A Yaketunis Y ogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan subyek penelitian pemakai perpustakaan yang dalam penelitian ini adalah siswa. Untuk memperoleh data yang valid, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang meliputi seluruh siswa SLB/ A Y aketunis Y ogyakarta yang berjumlah 17 siswa. Hasil dari penelitian diketahui bahwa seluruh siswa (100%) mendapatkan buku braille dengan cara meminjam di perpustakaan, sedangkan koleksi braille yang sering dipinjam dan dibaca adalah buku paket. Tujuan siswa memanfaatkan koleksi buku braille 41,2% menyatakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah, hal ini sesuai dengan alasan siswa memanfaatkan koleksi buku braille yakni 58,8% siswa menyatakan untuk mendapatkan sumber belajar dalam mengerjakan tugas. Keterampilan pustakawan dalam melayani siswa 64, 7% menyatakan sangat bagus. Selain itu, 82,4% siswa menyatakan bahwa keberadaan buku braille adalah sangat penting tetapi kondisi fisik buku braille 58,8% siswa menyatakan kurang bagus. Pada aspek penggunaan fasilitas penelusuran 52,9% siswa menyatakan kadangkadang mengunakan fasilitas penelusuran. Mengingat pentingnya keberadaan koleksi braille sebagai sumber belajar siswa maka diharapkan perpustakaan SLB/ A Y aketunis mampu menambah dan merawat koleksi baik itu dalam bentuk buku braille maupun buku bicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag., SIP.,MIP
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan koleksi buku braille, Perpustakaan sekolah
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 17 Dec 2015 05:04
Last Modified: 17 Dec 2015 05:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18681

Actions (login required)

View Item View Item