FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL P ADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (Jll) PERIODE 2004-2006( Pengujian: Pecking Order Hypotesis )

HAMIDAH, NIM. 03390538 (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL P ADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (Jll) PERIODE 2004-2006( Pengujian: Pecking Order Hypotesis ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Mengelola fungsi keuangan salah satu unsur yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar perusahaan mampu memenuhi kebutuhan dana yang akan digunakan untuk beroperasi dan mengembangkan usahanya. Penelitian ini bermaksud untuk menguji pecking order theory, dengan demikian urutan pendanaan tersebut dimulai dari laba ditahan, utang dan yang terakhir penerbitan ekuitas. Tujuan lain penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan struktur aktiva, perubahan modal kerja, laba ditahan, operating leverage, profitabilitas, dan beban pajak terhadap sumber pendanaan perusahaan. Penggunaan variabel-variabel ini dimaksμdkan untuk menguji kembali apakah basil yang terdahulu hasilnya konsisten atau tidak, jika digunakan untuk memprediksi di perusahaan yang terdaftar di Jll. Jenis penetitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research). Jenis data berdasarkan dimensi waktunya dalam penelitian ini adalah data pooling, hal ini dikarenakan terbatasnya jumlah perusahaan yang konsisten terdaftar di JII. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di ID selama tahun 2004-2006. Hipotesis penelitian ini ada tujuh, yaitu terdapat pengaruh secara parsial variabel independen terhadap variabel dependen, terdapat pengaruh secara simultan variabel independen terhadap variabel dependen, terdapat pengaruh pecking order theory pada perusahaan di Ill. Hasil uji statistik regression analysis seluruh variabel independen secara parsia1 adalah: 1 ). Struktur aktiva mempunyai pengaruh tidak Signifikan negatif terhadap struktur modal (rasio total hutang), 2). Perubahan modal kerja mempunyai pengaruh tidak signifikan positif terhadap struktur modal (rasio total hutang), 3). Laba ditahan mempunyai pengaruh tidak signifikan negatifterhadap struktur modal (rasio total hutang), 4). Operating leverage mempunyai pengaruh tidak signifikan positif terhadap struktur modal (rasio total hutang), 5). Profitabilitas mempunyai pengaruh signifikan negatif terhadap struktur modal (rasio total hutang)1 6). Behan pajak mempunyai pengaruh tidak signifikan negatif terhadap struktur modal (rasio total hutang). Secara simultan seluruh variabel independen yaitu struktur aktiva, perubahan modal kerja, laba ditahan, operating leverage, profitabilitas, dan beban pajak, menunjukkan mempunyai . pengaruh signifikan terhadap rasio total hutang yang mempunyai nilai R square sebesar 0.337/33.7%. Sedangkan dari hasil tersebut, jika didasarkan pada pecking order theory struktur modal pada perusahaan yang listed di Jll tidak konsisten, sedangkan secara simultan konsisten pada packing order theory.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. H. Syafiq M. Hanafi, S.Ag, M.Ag. 2. Joko Setyono, SE.M.Si.
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal P, Perusahaan Yang Terdaftar, Jakarta Islamic Index (JII), Pecking Order Hypotesis
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 17 Dec 2015 07:52
Last Modified: 18 Dec 2015 02:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18708

Actions (login required)

View Item View Item