PENGARUH PERUBAHAN LABA AKUNTANSI TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2002-2006

IN'AMATUL KHOIRIYAH, NIM. 03390557 (2007) PENGARUH PERUBAHAN LABA AKUNTANSI TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2002-2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian empiris tent:ang pengaruh perubahan laba akuntansi terhadap perubahan harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Laba akuntansi dipilih dengan alasan mampu mengukur kinerja perusahaan sehingga bisa memprediksi dan rnenggambarkan prospek perusahaan di masa yang akan datang. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah perubahan laba akuntansi berpengaruh terhadap perubahan harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara Purposive Sampling .. Perusahaan yang dipilih sebagai sampel sejumlah 9 (sembilan) perusahaan dari berbagai macam industri. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu perubahan laba akuntansi sebagai variabel independen dan perubahan harga saham sebagai variabel dependen. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data laporan keuangan tahunan mulai periode Mei 2002 sampai April 2006. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi yang tertuang dalam laporan keuangan perusahaan dan Pojok Bursa Universitas Atma jaya. Selanjutnya data tersebut akan dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS/or Windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai korelasi (R) antara vatiabel independen perubahan laba akuntansi terhadap variabel dependen perubahan harga saham adalah sebesar 0, 772, hal ini menunjukkan adanya korelasi/hubungan yang kuat antara variabel independen tersebut terhadap perubahan harga saham. Kemudian koefisien determinasi yang diperoleh dari hasil analisis data sebesar 0,584 yang berarti 58,4% variasi dari perubahan harga saham bisa dijelaskan oleh perubahan laba akuntansi. Dari hasil uji t diperoleh koefisien regresi perubahan laba akuntansi sebesar 0,704 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perubahan laba akuntansi terhadap perubahan harga saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: l. H. SYAFIQ M.HANAFI, S.Ag.,M.Ag. 2. SUNARYATI,SE.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perubahan Laba Akuntansi , Harga Saham, Jakarta Islamic Index
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 17 Dec 2015 15:16
Last Modified: 17 Dec 2015 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum