PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XMIA MAN YOGYAKARTA III

SRI LESTARI, NIM. 11680009 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XMIA MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XMIA MAN YOGYAKARTA III)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XMIA MAN YOGYAKARTA III)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap hasil belajar, minat, dan tanggapan siswa dalam pembelajaran biologi kelas XMIA MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XMIA MAN Yogyakarta III. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas XMIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U test dan Independent Samples t-test, serta analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis ICT terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XMIA 1 MAN Yogyakarta III. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen sebesar 80,17 sementara kelas kontrol sebesar 71,29, serta hasil uji statistik terhadap hasil posttest diperoleh nilai sig.(2tailed) sebesar 0,002 < α (0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis ICT terhadap minat belajar siswa kelas XMIA 1 MAN Yogyakarta III. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor angket minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,87 sementara kelas kontrol sebesar 78,36, serta hasil uji statistik terhadap data minat belajar diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,026 < α (0,05). Siswa kelas XMIA memberikan tanggapan sangat baik terhadap penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis ICT dengan persentase rata-rata tanggapan sebesar 85,94. Kata kunci: Model Project Based Learning, Information and Communication Technology, Minat, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dias Idha Pramesti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Information and Communication Technology, Minat, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2015 10:37
Last Modified: 18 Dec 2015 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18720

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum