PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA MTS NURUL HUDA SARIMULYO NGAWEN BLORA

MUHAMMAD BADARUDDIN, NIM. 11680047 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA MTS NURUL HUDA SARIMULYO NGAWEN BLORA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA MTS NURUL HUDA SARIMULYO NGAWEN BLORA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA MTS NURUL HUDA SARIMULYO NGAWEN BLORA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII MTs Nurul Huda Sarimulyo Ngawen Blora pada materi Pencemaran Lingkungan dan Dampaknya Bagi Kehidupan. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang sebenarnya (True Experimental Design) dengan rancangan penelitian pretest-posttest kontrol group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen pengambilan data menggunakan data tes (pretest dan posttest) dan data angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test dan Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata skor motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 84,61 dan kelas kontrol sebesar 79,5. Berdasarkan hasil uji statistik Mann Whitney U-test, nilai p adalah 0,008, yang berarti 0,008 < 0,05, sehingga penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. 2) Ratarata nilai posttest siswa kelas eksperimen sebesar 66,85 dan kelas kontrol 61,00. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-test, nilai p adalah 0,039, yang berarti 0,039 < 0,05, sehingga penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Motivasi belajar, Hasil belajar, Pencemaran lingkungan, MTs Nurul Huda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi belajar, Hasil belajar, Pencemaran lingkungan, MTs Nurul Huda
Subjects: Kaunia Jurnal
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2015 06:56
Last Modified: 18 Dec 2015 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18722

Actions (login required)

View Item View Item