KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI SISWA KELAS XI di SMAN 1 SEWON

SHOFWATUL MALA, NIM. 11680054 (2015) KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI SISWA KELAS XI di SMAN 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI SISWA KELAS XI di SMAN 1 SEWON)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI SISWA KELAS XI di SMAN 1 SEWON)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI, tipe STAD, dan model pembelajaran konvensional (Direct Instruction); (2) tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen dengan desain penelitian Pretest posttest control group design dengan dua macam perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sewon, Bantul, Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah tiga kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen GI, kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen STAD, dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan simple random sampling menggunakan undian. Purposive sampling digunakan karena ada satu kelas istimewa yang tidak bisa dijadikan sampel. Data hasil pretest siswa dianalisis menggunakan analisis ANOVA, data hasil posttest siswa dianalisis menggunakan Kruskall-Wallis, dan data angket tanggapan siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran GI, STAD, dan konvensional dengan taraf signifikansi P < 0,05; (2) Siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan ratarata persentase tanggapan sebesar 76,8%; dan tanggapan yang sangat baik oleh siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan rata-rata persentase tanggapan sebesar 80,8%. Kata Kunci: Komparasi, model pembelajaran kooperatif tipe GI, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komparasi, model pembelajaran kooperatif tipe GI, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa
Subjects: Kaunia Jurnal
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:04
Last Modified: 18 Dec 2015 07:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18724

Actions (login required)

View Item View Item