HUBUNGAN ANTARA INTELEGENSI DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

ALVIA NUR AZIZAH, NIM. 08710122 (2015) HUBUNGAN ANTARA INTELEGENSI DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA INTELEGENSI DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SMK PIRI 1 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA INTELEGENSI DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SMK PIRI 1 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (895kB)

Abstract

[INDONESIA] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intelegensi dengan self regulated learning. Intelegensi merupakan kemampuan umum yang terdiri dari factor bawaan atau fluid intelegence (berupa sistematika berpikir, ketajaman diferensiasi, asosiasi dan pemahaman konsep) dan crislalized intelegence (berupa pengetahuan, pengalaman, pendidikan dan kebudayaan). Sedangkan self regulated learning merupakan kemampuan seseorang mengatur cara belajarnya sendiri secara aktif baik dari metakognisi, motivasi dan perilakunya. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara intelegensi dengan self regulated learning dimana semakin tinggi intelegensi maka semakin tinggi tinggi self regulated learning siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMK 1 PIRI YOGYAKARTA. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan subjeknya adalah 70 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data intelegensi diperoleh dengan menggunakan tes CFIT form A. Sedangkan untuk self regulated learning menggunakan skala self regulated learning. Hasil uji hipotesis menggunakan teknik analisis Spearman Rho menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara intelegensi dengan self regulated learning dengan korelasi rho sebesar -0,032 dengan p 0,396 (p>0,05). Kata kunci : self regulated learning, intelegensi [ENGLISH] This study aims to determine the relationship between intelligence and self-regulated learning. Intelligence is general ability that consist of congenital factors, or fluid intelligence (systematic thinking, sharpness of differentiation, association, understanding the concept); and crislalized intelligence (knowledge, experience, education, culture). While Self-regulated learning is person's ability to regulate their own learning way actively either from metacognition, motivation and behavior. It has hypotetized that there is a positive correlation between intelligence and self-regulated learning, where higher intelligence level, also higher self-regulated learning. Population in this research is 3rd grade students of SMK 1 PIRI YOGYAKARTA. Make use of quantitative approach, cluster random sampling method was applied in order to obtain 70 sample students. Intelligence score was obtained by CFIT form-A test. As for the self-regulated learning uses self-regulated learning’s scale. Hypotesis test result uses Spearman's rho analysis technique show that there is no correlation betwen intelligence and self-regulated learning with a correlation of -0.032 and p 0,396 (p>0,05). Keyword : self regulated learning, Intelligence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Zidni Imawan Muslimin, S.Psi, M.Si
Uncontrolled Keywords: self regulated learning, Intelligence
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:58
Last Modified: 21 Dec 2015 03:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18755

Actions (login required)

View Item View Item