PENYESUAIAN SOSIAL PADA MAHASISWA DIFABEL RUNGU

DWI SRI LESTARI, NIM. 09710032 (2015) PENYESUAIAN SOSIAL PADA MAHASISWA DIFABEL RUNGU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYESUAIAN SOSIAL PADA MAHASISWA DIFABEL RUNGU)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENYESUAIAN SOSIAL PADA MAHASISWA DIFABEL RUNGU)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

[INDONESIA] Pendengaran merupakan indera yang sangat penting bagi manusia. Melalui indera pendengaran manusia dapat menangkap dan menyadari suara-suara di sekelilingnya. Kehilangan pendengaran pada seseorang akan menghambat komunikasi terhadap lingkungan sekitar, sedangkan komunikasi sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam proses menyesuaikan diri di dalam lingkungan sekitar, termasuk lingkungan perkuliahan. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan melihat bagaimana penyesuaian sosial pada difabel rungu yang menempuh pendidikan di bangku perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian adalah tiga mahasiswa difabel rungu dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga informan memiliki penyesuaian sosial yang cenderung baik di dalam perkuliahan dengan cara mendayagunakan potensi yang dimilikinya. Faktor terbesar yang mempengaruhi penyesuaian sosial pada ketiga informan adalah penerimaan dan dukungan dari keluarga. Adanya kepercayaan terhadap kuasa Tuhan juga menjadi penguat untuk menjalani kehidupan sebagai individu dengan keterbatasan pendengaran. Kata kunci : Penyesuaian sosial, Mahasiswa, Difabel rungu [ENGLISH] Auditory system is a very important part of human body. From those systems we can reach and realize the sounds around us. Being the deaf fro somebody will impeding communications to the environment, meanwhile communication was a great important parts to adapted, include in academical environment. So that this reasearch conducted to see how social adaptation of the deaf difable students which study in academy. This research use qualitative as the methode with phenomenology approachment. Subjects are three deaf difable students which choosen by purposive sampling. Data collecting use interview, observation and documentation study. Data analysis used qualitative data analysis interactive model. Result of this research show that all the informan had a good tendency for their social adaptation in study with powering their potentions. The biggest factor which influencing the adaptation are acceptence and family support. The existence of believing God also makes them stronger to face the real life as an individu which had a different abilities. Keywords: Social adaptation, Student, Deaf people

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Maya Fitria, S.Psi, M.A, Psi.
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian sosial, Mahasiswa, Difabel rungu
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2015 04:09
Last Modified: 21 Dec 2015 04:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18756

Actions (login required)

View Item View Item