SUCCESSFUL AGING PADA LANJUT USIA JAMAAH PENGAJIAN

MALIHAH AL AZIZAH, NIM. 10710019 (2015) SUCCESSFUL AGING PADA LANJUT USIA JAMAAH PENGAJIAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SUCCESSFUL AGING PADA LANJUT USIA JAMAAH PENGAJIAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40MB) | Preview
[img] Text (SUCCESSFUL AGING PADA LANJUT USIA JAMAAH PENGAJIAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana successful aging pada lanjut usia jamaah pengajian. Informan terdiri dari tiga orang yang aktif minimal di 3 pengajian dan berusia minimal 60 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan dan wawancara semiterstruktur dengan teknik analisis data terdiri dari tahap kodifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa successful aging dimulai sejak lama, terlebih dengan pengajian dan aktifitas religi lainnya berpengaruh pada keberhasilannya menjalani dinamika hidup di masa tuanya. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap informan antara lain oleh konsep diri, efikasi diri, optimisasi selektif dengan kompensasi, pengaturan emosi, penerimaan, status kesehatan, perasaan tertekan, dukungan psikososial, dan spiritualitas. Faktor yang berpengaruh dominan terhadap successful aging semua informan adalah spiritualitas. Kata kunci : successful aging, lanjut usia, pengajian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Maya Fitria Hasbullah, M.A., Psi
Uncontrolled Keywords: successful aging, lanjut usia, pengajian
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2015 05:55
Last Modified: 21 Dec 2015 05:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18759

Actions (login required)

View Item View Item