PROSES MEMAAFKAN PADA KORBAN BULLYING: STUDI KASUS PADA REMAJA DI BANTUL YOGYAKARTA

FEMI APRIASTI, NIM. 10710026 (2015) PROSES MEMAAFKAN PADA KORBAN BULLYING: STUDI KASUS PADA REMAJA DI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES MEMAAFKAN PADA KORBAN BULLYING: STUDI KASUS PADA REMAJA DI BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROSES MEMAAFKAN PADA KORBAN BULLYING: STUDI KASUS PADA REMAJA DI BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

[INDONESIA] Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengetahui proses memaafkan yang dialami oleh para korban bullying, faktor apa saja yang mempengaruhi korban untuk memaafkan serta usaha untuk memaafkan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari dua orang yang pernah menjadi korban bullying fisik, verbal dan psikologis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah organisasi data, pengkodean dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan informan sudah memaafkan pelaku bullying. Awalnya informan I merasa rendah diri, kemudian sangat benci terhadap pelaku. Setelah beberapa waktu ia mencoba memaklumi pelaku, dan informan memaafkan pelaku saat sudah tidak pernah bertemu. Informan II awalnya sangat marah, merasa takut kemudian berusaha mengerti keadaan pelaku, dan memaafkan pelaku setelah lulus sekolah dasar. Faktor yang penghambat untuk memaafkan karena tindakan pelaku sangat kasar, dan faktor pendorong karena tidak ingin membebani pikiran dengan dendam serta ada dukungan dari orang terdekat. Usaha yang dilakukan kedua informan berupa semangat dalam diri dan doa. Kata Kunci: memaafkan,bullying, sekolah [ENGLISH] The purpose of this study is to explore and understand what the forgiving process of bullying victims, what the factors that influence to forgive, and what the effords to forgive. The informant consisted of two bullying victims, they was victim of phisycal bullying, verbal bullying dan psychologycal bullying. This research used qualitative method with a study case approach. In this study the method of collecting data by interviews and observation. The analysis of data is using data organization, coding, and data interpretation. The result of this research showed informant can forgive the bullies. Formerly, Informant I feel very sad, and then hated the bullies. After a while she can understant the situation, and she forgive them since primary school graduation. Informant II was very angry, and then she scared. After a while she understand the bullies’ condition, and she forgive him after primary school graduation. The Factors that influence to forgive is cognitive factors, characteristic of the attack, personality, dan trust in God. And the effords to forgive is self motivation, hopes, and pray. Keywords: bullying, victim, school

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Satih Saidiyah, Dipl. Psy., M.Si.
Uncontrolled Keywords: bullying, victim, school
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Dec 2015 08:00
Last Modified: 23 Dec 2015 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum