HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN SOSIAL DAN KEBUTUHAN AFILIASI TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI SECARA ONLINE PADA REMAJA

LIANITA DIAN HERMAWATI, NIM. 10710063 (2015) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN SOSIAL DAN KEBUTUHAN AFILIASI TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI SECARA ONLINE PADA REMAJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN SOSIAL DAN KEBUTUHAN AFILIASI TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI SECARA ONLINE PADA REMAJA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN SOSIAL DAN KEBUTUHAN AFILIASI TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI SECARA ONLINE PADA REMAJA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan sosial dan kebutuhan afiliasi terhadap pengungkapan diri secara online pada remaja. Subjek yang diteliti berjumlah 110 (N = 110), merupakan remaja yang bersekolah di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Alat ukur yang digunakan merupakan modifikasi skala pengungkapan diri secara online yang telah dikembangkan oleh Leung (2002), modifikasi skala kecemasan sosial yang telah dikembangkan oleh La Greca dan Lopez (1998), dan modifikasi skala kebutuhan afiliasi yang telah dikembangkan oleh Hill (1987). Metode yang digunakan ialah kuantitatif korelasional. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi spearman rho. Hasil analisis regresi menunjukkan taraf signifikansi p = 0,562 (p > 0,05). Hal ini menjelaskan bahwa tidak ada hubungan antara kecemasan sosial dan kebutuhan afiliasi terhadap pengungkapan diri secara online pada remaja. Hasil uji korelasi antara kecemasan sosial dan pengungkapan diri secara online menunjukkan taraf signifikansi p = 0,174 (p > 0,05) sehingga tidak ada hubungan antara kecemasan sosial terhadap pengungkapan diri secara online pada remaja. Hasil uji korelasi kebutuhan afiliasi dan pengungkapan diri secara online menunjukkan taraf signifikansi p = 0,374 (p > 0,05) sehingga tidak ada hubungan antara kebutuhan afiliasi terhadap pengungkapan diri secara online pada remaja. Maka dapat disimpulkan, hipotesis mayor dan minor pada penelitian ini tidak terbukti. Kata kunci: kecemasan sosial, kebutuhan afiliasi, pengungkapan diri secara online, remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pihasniwati, M.A., Psi.
Uncontrolled Keywords: kecemasan sosial, kebutuhan afiliasi, pengungkapan diri secara online, remaja
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Dec 2015 02:22
Last Modified: 23 Dec 2015 02:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18769

Actions (login required)

View Item View Item