PENGARUH PELATIHAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENINGKATAN OPTIMISME PENCAPAIAN TARGET PADA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN DI PERBANKAN SYARIAH BDS (BAROKAH DANA SEJAHTERA) YOGYAKARTA

SINA MAULUDI, NIM 11710025 (2015) PENGARUH PELATIHAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENINGKATAN OPTIMISME PENCAPAIAN TARGET PADA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN DI PERBANKAN SYARIAH BDS (BAROKAH DANA SEJAHTERA) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PELATIHAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENINGKATAN OPTIMISME PENCAPAIAN TARGET PADA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN DI PERBANKAN SYARIAH BDS (BAROKAH DANA SEJAHTERA) YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PELATIHAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENINGKATAN OPTIMISME PENCAPAIAN TARGET PADA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN DI PERBANKAN SYARIAH BDS (BAROKAH DANA SEJAHTERA) YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis apakah ada pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap peningkatan optimisme pencapaian target pada karyawan bagian pemasaran di perbankan syariah BDS Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap peningkatan optimisme pencapaian target, dimensi permanet, dimensi pervasiveness, dan dimensi personalization pada karyawan bagian pemasaran di perbankan syariah BDS Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain the one group pretest and postest design. Subyek penelitian adalah para karyawan bagian pemasaran di perbankan syariah BDS Yogyakarta berjumlah 10 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala optimisme pencapaian target yang dibuat sendiri oleh peneliti dengan mendasarkan pada dimensi optimisme yang diungkapkan oleh Seligman (1995). Metode analisis yang digunakan adalah teknik statistik wilcoxon dengan bantuan software SPSS. Hasil analisis menunjukkan nilai Z score = -2,668 dan p = 0,008 untuk skor optimisme secara keseluruhan. Kemudian nilai Z score = -2,608 dan p = 0,009 untuk skor dimensi permanent. Selanjutnya nilai Z score = -2,492 dan p = 0,013 untuk skor dimensi pervasiveness. Sedangkan nilai Z score = -2,314 dan p = 0,021 untuk skor dimensi personalization. Sehingga seluruhnya Z score bertanda negatif dan p < 0,05. Artinya seluruh hipotesis diterima bahwa ada pengaruh yang signifikan peningkatan optimisme pencapaian target karyawan bagian pemasaran di perbankan syariah BDS Yogyakarta setelah mengikuti pelatihan efikasi diri baik optimisme secara keseluruhan, maupun per masing-masing dimensi yakni permanent, pervasiveness, dan personalization. Diantara keempat pengaruh tersebut, peningkatan paling tinggi terjadi pada variabel optimisme pencapaian target secara umum. Kata Kunci : Optimisme Pencapaian Target, Efikasi Diri, The One Group Pretest And Postest Design

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Benny Herlena, S. Psi., M. Si
Uncontrolled Keywords: Optimisme Pencapaian Target, Efikasi Diri, The One Group Pretest And Postest Design
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Dec 2015 03:37
Last Modified: 23 Dec 2015 03:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18778

Actions (login required)

View Item View Item