PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN STICK FIGURES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

TERRY YUMANTI, NIM.01420783 (2005) PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN STICK FIGURES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN STICK FIGURES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN STICK FIGURES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : untuk membuktikan apakah pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media pengajaran Stick Figures efektif meningkatkan prestasi belajar siswa, untuk mengetahui prestasi belajar bahasa arab siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontro1. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. dalam skripsi ini penulis mencantumkan rumus statistik yaitu: t= Ml-M2/SEM1-SEM2 Sampel penelitian ini adalah : siswa yang berasal dari kelas VIII B dan kelas VIII D MTsN Ngemplak Steman Yogyakarta tahun ajaran 2005 - 2006 sebanyak 77 siswa. Penelitian ini diharapkan akan dapat : membuktikan apakah pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media pengajaran Stick Figures efektif meningkatkan prestasi belajar siswa, mengetahui prestasi belajar bahasa arab siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas control, memberikan masukan bagi pengajar bahasa arab sebagai bahan untulc meningkatkan kemajuan yang lebih baik dalam pembelajaran bahasa arab, memperkenalkan cara belajar baru dalarn pembelajaran bahasa arab di MTsN Ngemp4tk yaitu dengan Penerapan Media Pengajaran Stick Figures Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Ekperiment, Observasi, Interview, Tes, Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan : Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Media gambar Stick Figures efektif meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas eksperimen MTsN Ngemplak, terbukti dengan berbeda nilai rata-rata yang diperoleh antara pre-test dan post-test sebesar 4,369 Hal ini ditunjukan dari besarnya t hitung denga.n ni1ai 4,369 lebih besar dari pada nilai tabel signifikansi bail< pada taraf 1 % maupWi 5 % antara sebelmn menggunakan media pembelajaran Stick Figures dan sesudahnya. Maka diperoleh kesimpulan bahwa hipotesa altematif (Ha) yang diajukan berbunyi ada perbedaan yang signifikan pada prestasi basil belajar bahasa Arab kelas eksperimen antara sebelmn dan sesudah diterapkan media Stick Figures diterima Tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar bahasa Arab antara kelas eksperimen yang menggunakan media pengajaran Stick Figures dan kelas kontrol yang dilakukan pembelajaran seperti biasa. Dimana dengan menggunakan uji "t" terbukti bahwa dari data yang diperoleh harga t hitung sebesar 2,27. Sementara pada taraf signifikansi 1 % sebesar 2,00 lebih kecil dari harga t hitung dan t hitung lebih kecil dari t tabel pada taraf signifikansi 5 % yaitu 2, 65 ( 2, 00 < 2, 27 < 2, 65 ) dengan demikian pemyataan hipotesa altematif yang berbunyi ada perbedaan yang signifikan pada prestasi basil belajar"bahasa Arab kelas eksperimen denga.n kelas kontrol yang belajar bahasa Arab seperti biasa ditolak dan hipotesa nihil yang berbunyi tidak ada perbedan yang signifikan pada prestasi belajar bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang belajar bahasa Arab seperti biasa diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd. NIP.150235954
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 12 Jun 2017 11:35
Last Modified: 12 Jun 2017 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18816

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum