DIALOG ANTAR AGAMA STUDI DIALOG UMAT BERAGAMA PERTAPAAN KATOLIK SANTA MARIA RAWASENENG DESA NGEMPLAK KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG

IMAM MUKHLIS, NIM. 1320510020 (2015) DIALOG ANTAR AGAMA STUDI DIALOG UMAT BERAGAMA PERTAPAAN KATOLIK SANTA MARIA RAWASENENG DESA NGEMPLAK KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DIALOG ANTAR AGAMA STUDI DIALOG UMAT BERAGAMA PERTAPAAN KATOLIK SANTA MARIA RAWASENENG DESA NGEMPLAK KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG)
1320510020_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (DIALOG ANTAR AGAMA STUDI DIALOG UMAT BERAGAMA PERTAPAAN KATOLIK SANTA MARIA RAWASENENG DESA NGEMPLAK KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG)
1320510020_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Untuk membangun kebersamaan dan hidup berdampingan suatu masyarakat diperlukan adanya saling pengertian untuk tujuan bersama. Dengan adanya kebersamaan dan tidak mementingkan kelompok maka kerukunan dan kebersamaan akan terjaga dalam masyarakat. Membangun kebersamaan suatu masayarakat beda agama, dialaog antar agama diperlukan sebagai jembatan kerukunan umat beragama. Masyarakat Rawaseneng merupakan salah satu dusun yang mempunyai dua agama, diamana masyarakat tersebut beragama Islam dan Katolik. Agama Islam mempunyai penganut yang mayoritas, dimana perbandingan 65:35%. Dan selama ini dua agama tersebut tidak terlibat konflik dalam hubungan bermasyarakat dan kegiatan sosial lainnya. Hal ini disebabkan adanya dialog aksi, dialog aksi tersebut salah bentuk untuk mewujudkan kerukunan di Rawaseneng. Pertapaan Santa Maria atau pertapaan Rawaseneng mempunyai pengaruh dalam dialog aksi untuk mewujudkan kerukunan. Pertapaan ini mempunyai perusahaan yang sebagain besar pekerja adalah muslim dan Katolik. Dengan secara tidak langsung maka dialog ini dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari di Rawaseneng, baik di dalam pertapaan atau masyarakat Rawaseneng. Selain itu pertapaan mempunyai peran pertumbuhan perekekonomian warga sekitar baik muslim atau katolik. Dengan demikian penelitian ini adalah Dialog Antar Agama Stidi Dialog Umat Beragama Pertapaan Katolik Santa Maria Rawaseneng Desa Ngemplak keamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sumber data dalam penelitian ini yaitu berasal dari dua sumber. Pertama, sumber lapangan yaitu tokoh dan masyarakat Rawaseneng, serta anggota Pertapaan. Kedua, Sumber data dokumenter, yang terdiri atas sumber data dokumenter primer dan sumber data dokumenter sekunder. Sumber informasi dokumenter primer antara lain meliputi dokumen surat kabar, buletin, surat-surat dan buku-buku harian; sedangkan sumber data sekunder adalah berupa dokumen hasil laporan penelitian serta buku-buku yang ditulis orang lain tentang dialog, terutama dialog antarumat agama. Dalam penelitian ini dikaji tentang dialog antarumat agama dengan dialog aksi. Perusahaan yang dimiliki oleh pertapaan Santa Maria Rawaseneng memberikan nilai-nlai ekonomis bagi masyarakat sekitar. Selain itu tardisi nyadran dapat mempersatukan kedua agama Islam dan Katolik. Dengan ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan teori dialog agama Johan Galtung dan Mukti Ali. Hubungan agama yang sangat dinamis dapat menciptkan kerukunan dalam masyarakat Rawaseneng. Hubungan ini dalam kegiatan sosial, baik dalam bidang ekonomi. Pertapaan mempunyai pengaruh nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar. Sebagai landasan untuk bermasyarakat dengan norma dan dogma yang ada didalam kitab suci agama masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr H Djam’annuri, MA
Uncontrolled Keywords: Dialog antarumat beragama, Pertapaan Santa Maria Rawaseneng, Dialog aksi
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 Jan 2016 01:28
Last Modified: 05 Jan 2016 01:28
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/18827

Actions (login required)

View Item View Item