KETAHANAN KELUARGA ALIH AGAMA (STUDI DI DUSUN. RAWASENENG DESA. NGEMPLAK KECAMATAN. KANDANGAN KABUPATEN. TEMANGGUNG)

NASTANGIN, NIM. 1320312090 (2015) KETAHANAN KELUARGA ALIH AGAMA (STUDI DI DUSUN. RAWASENENG DESA. NGEMPLAK KECAMATAN. KANDANGAN KABUPATEN. TEMANGGUNG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETAHANAN KELUARGA ALIH AGAMA (STUDI DI DUSUN. RAWASENENG DESA. NGEMPLAK KECAMATAN. KANDANGAN KABUPATEN. TEMANGGUNG))
1320312090_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KETAHANAN KELUARGA ALIH AGAMA (STUDI DI DUSUN. RAWASENENG DESA. NGEMPLAK KECAMATAN. KANDANGAN KABUPATEN. TEMANGGUNG))
1320312090_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keluarga merupakan salah satu pranata penting dalam kehidupan manusia. Melalui pranata keluarga maka seorang laki-laki dan perempuan mempunyai hak yang sah untuk berhubungan seksual, prokreasi dan pengasuhan anak, mengorganisasi kerja dalam rumah tangga, dan pengalihan hak milik serta bentukbentuk pewarisan lainnya. Pranata keluarga juga menentukan jaringan ikatan sosial diantara individu dalam keluarga yang didasarkan pada perkawinan dan keterkaitan karena ada hubungan darah atau genetik. Agama sangat penting dalam kehidupan keluarga untuk menjadikan kehidupan yang bahagia di dalamnya sebagai pondasi yang paling utama. Termasuk agama juga bisa menjadikan sebuah kebertahanan dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan menjelaskan faktor-faktor alih agama pada keluarga alih agama di Dusun Rawaseneng, Ngemplak, Kandangan, Temanggung. Menjelaskan niali agama dalam keluarga alih agama di Dusun Rawaseneng, Ngemplak, Kandangan, Temanggung. Dan menjelaskan unsur-unsur yang mendukung ketahanan keluarga alih agama di Dusun Rawaseneng, Ngemplak, Kandangan, Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode induktif,yang diawali dengan menyajikan data dan fakta yang diperoleh di lapangan dikaitkan dengan teori-teori kemudian dirumuskan dalam sebuah hasil penelitian atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketahanan keluarga alih agama yang menjadikan keluarga alih agama karena adanya faktor pendidikan baik agama dan pendidikan lain masih kurang, dan faktor kurang sejahtera dalam hidup keluarga dan faktor sosial. Kemudian nilai agama dalam keluarga alih agama pada dasarnya nilai agama belum begitu baik. Meskipun demikian keluarga-keluarga tersebut masih tetap bisa bertahan dan tidak pernah berselisih atau mempermasalahkan tentang perbedaan agama yang mereka anut. Karena dari prinsip keluarga-keluarga yang sudah penulis teliti memilih dan beragama adalah hak setiap manusia, jadi mereka tidak pernah mempermasalahkan tentang agama mereka. Dan selanjutnya unsur-unsur yang mendukung ketahanan keluarga alih agama yaitu rasa cinta dan kasih sayang suami isteri dan juga kepada keluarga, adanya komunikasi dan hubungan baik antar sesama anggota keluarga dan komitmen rumah tangga

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Martino Sardi M.A.
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Ketahanan Keluarga, Nilai Agama, Alih Agama.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jan 2016 08:37
Last Modified: 05 Jan 2016 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18829

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum