PENANGANAN KASUS ANAK TERLANTAR MELALUI MANAJEMEN KASUS DI PUSAT DUKUNGAN ANAK DAN KELUARGA (PDAK) YOGYAKARTA

EVI MULYATI,SST, NIM. 1320011041 (2015) PENANGANAN KASUS ANAK TERLANTAR MELALUI MANAJEMEN KASUS DI PUSAT DUKUNGAN ANAK DAN KELUARGA (PDAK) YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANGANAN KASUS ANAK TERLANTAR MELALUI MANAJEMEN KASUS DI PUSAT DUKUNGAN ANAK DAN KELUARGA (PDAK) YOGYAKARTA)
1320011041_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANGANAN KASUS ANAK TERLANTAR MELALUI MANAJEMEN KASUS DI PUSAT DUKUNGAN ANAK DAN KELUARGA (PDAK) YOGYAKARTA)
1320011041_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjadi penopang masa depan, baik secara kualitas peningkatan nilai-nilai kehidupan bagi setiap keluarga maupun masyarakat. Untuk itu, dalam menentukan kualitas anak tersebut sudah sewajarnya bagi setiap kalangan memiliki kewajiban bersama untuk selalu berupaya dapat menciptakan iklim kondusif bagi tumbuh kembangnya anak. Alih-alih menciptakan iklim kondusif bagi tumbuh kembangnya anak tetapi persoalan terhadap anak terus menggejala hampir di setiap sendi kehidupan. Baru-baru ini yang sarat menjadi pemberitaan publik adalah kasus anak terlantar. Akibatnya banyak yang berasumsi kasus tersebut salah prosedur pengadopsian hingga salah penanganan intervensi. Berdasarkan fakta tersebut, maka penelitian ini menjawab dua persoalan, yaitu (i) bagaimana penanganan kasus anak terlantar melalui manajeman kasus yang dilakukan oleh Pusat Dukungan Anak dan Keluarga (PDAK) di Yogyakarta? (ii) bagaimana manfaat dan hambatan penanganaan kasus anak terlantar melalui manajeman kasus yang dilakukan oleh Pusat Dukungan Anak dan Keluarga (PDAK) di Yogyakarta? Untuk itu, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data meliputi lima narasumber yang terdiri dari supervisor dan pekerja sosial. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa penanganan kasus anak terlantar melalui manajemen kasus terdiri dari intake dan egagement, asesmen, rencana intervensi, intervensi, monitoring, evaluasi, terminasi, dan penutupan kasus (case close). Kemudian manfaat penanganan anak melalui manajemen kasus terdiri bari tiga unsur, yakni manfaat bagi supervisor, pekerja sosial, dan keluarga klien. Di mana penanganan kasus anak terlantar melalui manajemen kasus merupakan pendekatan yang sangat tepat, karena dengan adanya masalah yang kompleks tentunya memiliki kebutuhan penanganan yang berbeda. Adapun hambatan yang dialami, yakni (i) dihadapkan dengan reposisi yang terjadi di Kementerian Sosial, (ii) keluarga yang mengasuh tidak segera mengambil keputusan apakah bersedia mengasuh atau tidak, serta orang tua kandung sulit dihubungi olehpekerja sosial, dan (iii) tidak kooperatifnya dari pihak-pihak tertentu yang berpengaruh terhadap proses penanganan kasus, misalnya RT, RW dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Ro’fah, MSW, MA, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Penanganan Kasus, Anak Terlantar, dan Manajemen Kasus.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 Jan 2016 10:06
Last Modified: 05 Jan 2016 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18836

Actions (login required)

View Item View Item