PEMBELAJARAN AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SURYA GLOBAL YOGYAKARTA

SUYATNO, SPDI, NIM. 1320411102 (2015) PEMBELAJARAN AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SURYA GLOBAL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SURYA GLOBAL YOGYAKARTA)
1320411102_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SURYA GLOBAL YOGYAKARTA)
1320411102_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Suyatno, Pembelajaran Afektif Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta, Tesis, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1. Proses Pembelajaran afektif Pendidikan Agama Islamn, 2. Hasil ketercapaian Pembelajaran afektif Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di STIKES Surya Global Yogyakarta, jalan Ring Road Selatan Blado Potorono, Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif karena data-data yang diperlukan peneliti berupa kata-kata, gambar, dan bukan angkaangka, yaitu berusaha untuk memperoleh informasi dan gambaran proses pembelajaran afektif, target hasil Pembelajaran afektif dan faktor pendukung & penghambat pembelajaran afektif pendidikan agama Islam di STIKES Surya Global Yogyakarta. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan pelaksanakan proses pembelajaran afektif pendidikan agama Islam di STIKES Surya Global Yogyakarta dilakukan melalui penciptaan kultur (suasana/pembiasaan) yaitu dengan cara semua mahasiswa semester I dan II wajib di pesantren dan mengikuti semua program pesantren termasuk di dalamnya mentoring, Bimbingan Konseling yang akan membina bagi para mahasiswa yang memerlukan bimbingan konseling baik di pesantren ataupun pascapesantren, Mulazamah, kegiatan ini pada dasarnya sama dengan mentoring pendampingan pendidikan agama Islam, mulazamah ini untuk mahasiswa semester III keatasi. Target hasil pembelajaran afektif pendidikan agama Islam Secara kuantitas sudah sesuai target bisa dilihat dalam penilaian yang sudah dilakukan, target jangka pendek sudah tercapai, sedangkan untuk pencapaian target secara kualitas jangka panjang belum bisa dilihat karena baru berjalan beberapa tahun (belum ada dua tahun).Ada beberapa saran dalam penilaian hasil belajar afektif pendidikan agama Islam Agar proses pembelajaran afektif pendidikan agama Islam bisa maksimal maka harus didukung semua civitas akademik dan semua pihak yang berkompeten, perlu adanya sistem yang konsisten dalam menerapkan metode pembelajaran afektif, bagi mahasiswa yang mengalami masalah atau kesulitan dalam mengamalkan nilai-nilai pendidikan agama Islam harus terus di berikan fasilitas bimbingan konseling, sebagaimana yang sudah ada di STIKES Surya Global, para pengelola program ini harus selalu meningkatkan mutu layanan agar bisa menghasilkan output mahasiswa yang berakhlak mulia, penelitian lebih lanjut terhadap hasil penelitian ini sangat diperlukan agar pembelajaran afektif hasil belajar pendidikan agama Islam semakin maksimal, agar menjadi percontohan bagi lembaga pendidikan yang lain dalam rangka memperbaiki akhlak mahasiswa. Faktor pendukung pembelajaran afektif, adalah kebijakan pimpinan tentang wajibnya tinggal dipesantren, dukungan pimpinan tentang kegiatan pembentukan karakter, perkuliahan PAI yang bersinergi pesantren, minat orang tua mahasiswa untuk tinggal dipesantren, dan pantauan pembelajaran afektif vii melalui buku mutabaah. Sedangkan faktor yang menghambat adalah padatnya kegiatan mahasiswa, minimnya sumber daya manusia yang kompeten, kurangnya sarana dan prasarana pendukung, kurangnya komitmen mahasiswa dalam mengikuti kegiatan, latar belakang pendidikan mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tasman, MA.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Belajar Afektif, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:16
Last Modified: 06 Jan 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum