PENGARUH RELIGIUSITAS ORANG TUA DAN SOSIAL PERTEMANAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

PELANGI LUTFIANA SPDI, NIM. 1320411230 (2015) PENGARUH RELIGIUSITAS ORANG TUA DAN SOSIAL PERTEMANAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RELIGIUSITAS ORANG TUA DAN SOSIAL PERTEMANAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
1320411230_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RELIGIUSITAS ORANG TUA DAN SOSIAL PERTEMANAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
1320411230_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelangi Lutfiana, S.Pd.I (1320411230). Pengaruh Religiusitas Orang Tua dan Sosial Pertemanan terhadap Perilaku Keagamaan Siswa SMP Se- Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas orang tua dan sosial pertemanan terhadap perilaku keagamaan remaja pada siswa SMP se- Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif antara religiusitas orang tua dan sosial pertemanan terhadap perilaku keagamaan remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswasiswi SMP se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Dari 9 sekolah satuan pendidikan tingkat SMP negeri dan swasta yang berada di Kecamatan Umbulharjo peneliti menunjuk tiga sekolah yang berlokasi berdekatan yaitu SMP Negeri 10 Yogyakarta, SMP IT Bina Anak Sholeh Yogyakarta dan SMP Perintis. Jumlah sampel sebanyak 202 dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling berdasarkan pembagian jenjang kelas VII dan VII. Berdasarkan perhitungan diperolah 106 siswa kelas VII dan 96 siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner menggunakan skala religiusitas orang tua, skala sosial pertemanan dan skala perilaku keagamaan remaja. Analisis data menggunakan teknik koefisien korelasi dengan pearson product moment dan analisis regresi dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian diperoleh kontribusi pengaruh religiusitas orang tua dan sosial pertemanan terhadap perilaku keagamaan remaja siswa SMP se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta sebesar 26 % sedangkan sisanya 74 % dipengaruhi oleh variabel lain. Secara simultan, kedua variabel secara bersama-sama memberikan konstribusi lebih besar terhadap perilaku keagamaan remaja daripada secara independen. Besarnya hubungan religiusitas orang tua dengan perilaku keagamaan remaja adalah +0,353, sedangkan besarnya hubungan sosial pertemanan dengan perilaku keagamaan remaja adalah +0,424 dengan nilai signifikansi p=0,00 (< α 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara religiusitas orang tua dan sosial pertemanan terhadap perilaku keagamaan remaja. Jadi, hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fathonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: religiusitas orang tua, sosial pertemanan dan perilaku keagamaan remaja.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:21
Last Modified: 06 Jan 2016 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18850

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum