KURIKULUM 2013 (STUDI ASPEK AFEKTIF PADA KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR SERTA BAHAN AJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH IBTIDAIYAH)

SAIPUL HADI, SPDI, NIM. 1320420002 (2015) KURIKULUM 2013 (STUDI ASPEK AFEKTIF PADA KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR SERTA BAHAN AJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH IBTIDAIYAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM 2013 (STUDI ASPEK AFEKTIF PADA KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR SERTA BAHAN AJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH IBTIDAIYAH))
1320420002_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM 2013 (STUDI ASPEK AFEKTIF PADA KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR SERTA BAHAN AJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH IBTIDAIYAH))
1320420002_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saipul Hadi. Kurikulum 2013 (Studi Aspek Afektif Pada Kompetensi Inti Kompetensi Dasar dan Indikator serta Bahan Ajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah). Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Asumsi dan statmen stake holder atau pemangku kebijakan bahwa kurikulum 2013 menitikberatkan pada pengembangan aspek sikap peserta didik (afektif). Untuk membuktikan kebenaran, ketepatan dan keabsahan titik berat tersebut, maka mesti dianalisis dengan teori afektif dalam pendidikan yang dikembangkan oleh Krathwolh. Dalam dunia pendidikan tentunya kebijakan tersebut termanifestasi dalam runtutan rumusan kemampuan-kemampuan yang harus dikuasai oleh para lulusan. Sebagai suatu rumusan dalam sebuah keputusan yang berbentuk sebagai sebuah kompetensi, terbit kompetensi yang disebut dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Disamping sebagai sebuah kemampuan yang ingin dicapai, Kompetensi Inti Kompetensi Dasar memiliki peran tersendiri dalam menentukan tujuan akhir maksimal dalam proses pembelajaran. Maka, bunyi dari Kompetensi Inti Kompetensi Dasar itu mesti di analisis, ditelaah dan dievaluasi berdasarkan teori yang dikembangkan. Melalui pertanyaan besar, bagaimana wujud aspek afektif tersebut memuat dalam sebuah mata pelajaran? Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Bagaimanan kesesuaian aspek afektif antara KI KD dengan indikator juga terhadap bahan ajar? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa wujud dan bukti aspek afektif yang terdapat pada Kompetensi Inti Kompetensi Dasar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah dari kelas I sampai kelas VI. Penelitian ini masuk pada penelitian pustaka yang bersifat deskriptif analitik yang disajikan berbentuk uraian temuan dengan menggunakan teori pendidikan afektif, kemudian dilanjutkan dengan penarikan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam bunyi-bunyi Kompetensi Inti Kompetensi Dasar terdapat wujud aspek afektif dengan berbagai tingkatan. Mulai dari yang paling dasar sampai tingkat yang paling tinggi. Pelan-pelan peserta didik diarahkan untuk mengasah kemampuan afeksinya dari hal yang sederhana sampai keperilaku yang paling sulit dalam sebuah karakter/ kebiasaan. Tingkatan itu beruntun pada ranah afektif receiving, responding, valuing, organitation, dan characteritation. Kesesuaian aspek afektif antara KI KD dengan indikator berjalan konsisten dan kesesuaian terhadap bahan ajar juga memuat hal demikian, contohnya terdapat kolom-kolom yang mengembangkan sisi afeksi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Afektif, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:29
Last Modified: 06 Jan 2016 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum