PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD/MI KELAS IV

NORMA DEWI SHALIKHAH, NIM. 1320422037 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD/MI KELAS IV. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD/MI KELAS IV)
1320422037_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD/MI KELAS IV)
1320422037_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

NORMA DEWI SHALIKHAH, Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Berbasis Pendekatan Scientific untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SD/MI Kelas IV. Tesis. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Konsentrasi Sains MI, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah kualitas pembelajaran sains di Indonesia masih rendah, masih banyak guru yang menggunakan bahan ajar LKS bukan buatan sendiri, kebanyakan LKS yang beredar bersifat kognitif, masih banyak siswa yang kurang fokus pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan LKS IPA berbasis pendekatan scientific pada materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit untuk SD/MI kelas IV, 2) mengetahui proses pengembangan LKS IPA, 3) mengetahui kualitas LKS IPA, 4) mengetahui dampak penggunaan LKS IPA berbasis pendekatan scientific terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development. Prosedur pengembangan melalui tujuh tahap yaitu tahap penelitian dan mengumpulkan informasi, perencanaan, mengembangkan bentuk awal produk, uji lapangan awal, revisi produk awal, uji lapangan utama, dan tahap revisi produk operasional. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket untuk uji kualitas LKS IPA. Penilaian kualitas LKS IPA dilakukan oleh para ahli, teman sejawat, guru dan tanggapan siswa MI kelas IV. Penilaian observasi keterampilan proses sains dilihat dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian pengembangan ini menghasilkan: 1) hasil produk LKS IPA berupa materi, tugas dan latihan soal, eksperimen, kata mutiara, informasi tambahan, dan refleksi. 2) Hasil validasi ahli materi, kualitas produk LKS IPA memperoleh persentase penilaian 75% dengan kategori baik. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh persentase penilaian 75% dengan kategori baik. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase penilaian 91,25% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian teman sejawat dan guru memperoleh persentase penilaian 92,66% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil tanggapan siswa kelas eksperimen mengenai produk LKS IPA pengembangan memperoleh persentase penilaian 92,29% dengan kategori interval antara “Setuju dan Sangat Setuju”, sedangkan tanggapan siswa kelas kontrol mengenai LKS IPA sebelumnya memperoleh persentase penilaian 67,29% termasuk kategori interval antara “Kurang Setuju dan Setuju”. 3) Hasil observasi keterampilan proses sains siswa yang menggunakan LKS IPA berbasis pendekatan scientific dengan siswa yang tidak menggunakan LKS berbasis scientific terdapat perbedaan secara signifikan, yaitu sig 0,01 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa siswa yang menggunakan produk LKS IPA berbasis scientific dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan produk LKS IPA dapat digunakan sebagai media pembelajaran IPA di SD/MI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKS IPA, Pendekatan Scientific, Keterampilan Proses Sains Siswa
Subjects: Sains
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Jan 2016 01:34
Last Modified: 06 Jan 2016 01:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18855

Actions (login required)

View Item View Item