PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK KELAS IV DENGAN PARADIGMA INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM TEMA TEMPAT TINGGALKU (STUDI DI MIN SINDUTAN TEMON, KULON PROGO)

SITI TSANIYATUL HIDAYAH, NIM. 1320420008 (2015) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK KELAS IV DENGAN PARADIGMA INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM TEMA TEMPAT TINGGALKU (STUDI DI MIN SINDUTAN TEMON, KULON PROGO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK KELAS IV DENGAN PARADIGMA INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM TEMA TEMPAT TINGGALKU (STUDI DI MIN SINDUTAN TEMON, KULON PROGO))
1320420008_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK KELAS IV DENGAN PARADIGMA INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM TEMA TEMPAT TINGGALKU (STUDI DI MIN SINDUTAN TEMON, KULON PROGO))
1320420008_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

SITI TSANIYATUL HIDAYAH. Pengembangan Modul Tematik Kelas IV dengan Paradigma Integrasi Nilai-Nilai Islam Tema Tempat Tinggalku (Studi di MIN Sindutan Temon, Kulon Progo). Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Konsentrasi Sains, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah di Madrasah tentunya mata pelajaran yang berbau islami banyak. Namun sayangya belum ada yang diintegrasikan dengan ilmu-ilmu umum. Apalagi dalam kurikulum 2013, yaitu dengan pembelajaran tematik, tetapi untuk mata pelajaran Agama Islam masih berdiri sendiri. Padahal usia anak harus banyak ditanamkan ilmu-ilmu agama. Oleh karena itu peneliti mengembangkan modul tematik untuk kelas VI MI Negeri Sindutan Temon Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berupa modul tematik kelas IV dengan paradigma integrasi nilai-nilai Islam tema Tempat Tinggalku di MIN Sindutan Temon, Kulon Progo. Penelitian ini termasuk penelitian Pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan dari penelitian ini melalui tujuh tahap, yaitu penelitian dan mengumpulkan informasi (research and information collection), perencanaan penelitian (planning), pengembangan produk awal (develop preliminary form of product), uji lapangan awal (preliminary field testing), revisi uji produk awal (main product revision), uji lapangan utama (main field testing), revisi hasil uji lapangan utama ( operasional product revision). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas dari produk modul yang dikembangkan menurut para ahli sudah memiliki kategori kualitas yang sangat baik dengan persentase ahli materi 93.85%, dengan persentase ahli media 92.72%, dan dengan persentase Ahli Integrasi 100%. Sedangkan menurut para pengguna juga sudah memiliki kualitas yang sangat baik yaitu guru kelas IV dengan persentase 86.47% dan siswa kelas IV dengan persentase 98%. Berdasarkan penelitian tersebut, maka produk modul tematik kelas IV dengan paradigma integrasi nilai-nilai Islam tema tempat tinggalku ini layak digunakan sebagai bahan belajar yang menunjang pembelajaran siswa untuk kelas IV Madrasah Ibtidaiyah tema Tempat Tinggalku. Modul tematik terintegrasi dengan nilai-nilai Islam ini menambah pengetahuan guru dan siswa terhadap pengintegrasian materi-materi umum dengan materi agama. Selain itu, menumbuhkan sikap selalu bersyukur terhadap apa yang yang diberikan Allah kepada makhluk-Nya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag
Subjects: Sains
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Jan 2016 02:32
Last Modified: 06 Jan 2016 02:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18859

Actions (login required)

View Item View Item