UPAYA PENGRAJIN BATIK DI DUSUN GIRILOYO KELURAHAN WUKIRSARI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI

MUFTIATULLUTHFIYAH, NIM. 00230074 (2007) UPAYA PENGRAJIN BATIK DI DUSUN GIRILOYO KELURAHAN WUKIRSARI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENGRAJIN BATIK Dl DUSUN GIRILOYO KELURAHAN WUKIRSARI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENGRAJIN BATIK Dl DUSUN GIRILOYO KELURAHAN WUKIRSARI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang upaya pengrajin batik di dusun Giriloyo kelurahan Wukirsari kecamatan Imogiri kabupaten Bantul dalam meningkatkan kualitas produksi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk mengembangkan industri kecil kerajinan batik yang ada di dusun tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pengrajin Batik di Dusun. Giriloyo Kelurahan Wukirsari Kecamatan lmogiri Kabupaten Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan intetview, dokumentasi, dan obeservasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa data kualitatif, yaitu meliputi empat komponen; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukan: ( 1) lndustri rumah tangga berupa kerajinan batik merupakan salah satu sumbermata pencaharian sampingan bagi masyarakat Giriloyo. (2) Sebagian besar masyarakat Giriloyo masih mempertahankan industri kerajinan batik, karena memiliki keahlian di bidang membatik yang diwarisi secara turuntemurun. (3) Pengrajin batik yang berupaya mengembangkan kreatifitas dan potensinya dalam membatik hanya dilakukan oleh sebagian pengkrajin batik, bahkan masih sedikit. ( 4) Upaya peningkatkan kualitas produksi dalam membatik oleh pengrajin batik di dusun Giriloyo melalui 4 (empat) macam, yaitu. a.) Pelatihan Membatik. b.) Pembentukan Kelompok. c.) Studi Banding. d.) Pameran Kerajinan Batik. (5) Hasil dari upaya peningkatan kualitas produski dalam membatik yang dilakukan oleh pengrajin batik di Giriloyo dapat dikatakan berhasil dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perubahan pendapatan. para pengrajin batik sebelum dan sesudah melakukan upaya peningkatan kualitas produski dalam membatik, yaitu peningkatan pendapatan pengrajin batik setelah melakukan upaya tersebut dan semakin aktifnya para pengrajin batik dengan adanya pesanan kain batik maupun dalam kegiatan-kegiatan dalam pertemuan kelompoknya. Faktor pendukung upaya pengrajin batik di dusun Giriloyo kelurahan Wukirsari kecamatan Imogiri kabupaten Bantul dalam meningkatkan kualitas produksi adalah adanya ketrampilan mereka dalam membatik dan adanya berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas produksi mereka dalam membatik, baik yang dilakukan oleh mereka sendiri, pemerintah seteinpat maupun Dinas Perindustrian Yogyakarta. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya wawasan dan pengetahuan mereka dalam memproduksi batik yang berkualitas dan yang berkaitan dengan masalah pemasaran ketika produksi batik sudah jadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Suisyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengrajin batik, meningkatkan kualitas produksi
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Jan 2016 10:43
Last Modified: 07 Jan 2016 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18869

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum