EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PROGRAM POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS

AHMAD MUTAKIN, NIM.01450663 (2006) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PROGRAM POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PROGRAM POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PROGRAM POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 23 December 2006.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) membuktikan efektif tidaknya pemanfaatan program Power Point pada mata pelajaran biologi pokok bahasan virus dalam meningkatkan motivasi belajar , (2) membuktikan apakah pemanfaatan program Power Point pada mata pelajaran biologi pokok bahasan virus efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Y ogyakarta II terbagi dalam enam kelas. dan dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XF sebagai kelas kontrol dan kelas XE sebagai kelas eksperimen. . Pengambilan dua kelas tersebut dilakukan dengan teknik nonrandom sampling. Adapun pengambilan datanya dengan menggunakan metode test dan kuisioner. Butir soal dan angket yang merupakan instrumen penelitian diuji validitasnya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengambil data penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, kuantitatif, dan uji-t. Analisis uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan dari kedua sampel setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas yang diperoleh hasil bahwa data normal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, ( 1) pembelajaran dengan memanfaatkan program Power Point sebagai media pembelajaran lebih efektif dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas X MAN Y ogyakarta II tahun ajaran 2006/2007 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan motivasi belajar sekitar sekitar 15, 1% antar kelas kontrol dengan kelas eksperimen., (2) pembelajaran dengan memanfaatkan program power point sebagai media pembelajaran lebih efektif dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas X MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2006/2007 dalam meningkatkan hasil belajar biologi, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t gain skor hasil belajar yang diperoleh t n;, sebesar 4,936>2,000 dan p = 0,000 (p<0.050)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sudjoko, MS
Uncontrolled Keywords: Ejektivitas, Power Point, Hasil Be/ajar Kognitif, Motivasi.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:14
Last Modified: 08 Jan 2016 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18873

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum