PENGARUH LAMA PERENDAMAN JERAMI P ADI DALAM BERBAGAI KONSENTRASI LIMBAH CAm PABRIK TABU TERHADAP PRODUKTIVITAS JAMUR MERANG (Volvariella volvacea) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA PADA MATERI POKOK BAHASAN JAMUR

WULAN ARIYANTI, NIM. 01450950 (2007) PENGARUH LAMA PERENDAMAN JERAMI P ADI DALAM BERBAGAI KONSENTRASI LIMBAH CAm PABRIK TABU TERHADAP PRODUKTIVITAS JAMUR MERANG (Volvariella volvacea) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA PADA MATERI POKOK BAHASAN JAMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LAMA PERENDAMAN JERAMI P ADI DALAM BERBAGAI KONSENTRASI LIMBAH CAm PABRIK TABU TERHADAP PRODUKTIVITAS JAMUR MERANG (Volvariella volvacea) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA PADA MATERI POKOK BAHASAN JAMUR)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (286MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LAMA PERENDAMAN JERAMI P ADI DALAM BERBAGAI KONSENTRASI LIMBAH CAm PABRIK TABU TERHADAP PRODUKTIVITAS JAMUR MERANG (Volvariella volvacea) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA PADA MATERI POKOK BAHASAN JAMUR)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only until 11 June 2007.

Download (376MB)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetalmi pengamh lama perendaman jerami padi dalam berbaga.i konsentrasi Jirnbah cair pabrik tabu terhadap produktivitas Jamur merang (Volvariella volvaceae). Sebin itu juga untuk mengetahui dapat tidaknya basil penelitian ini dimanfaa1kan sebagai sumber belajar biologi pada pokok bahasan jamur di SMAIMA. Penelitian ini mempakan jenis penelitian eksperimen yang meliputi dua faktor. Faktor pertama yaitu lama perendarnan (4 jam, 8 jam, dan 12 jam), dan faktor kedua yaitu konsentrasi limbah cair pabrik tahu (Oo/o., 25%, 50%, 75%, dan 100%). Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL), yang masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Penelitian ini dilalmk.an di rumah •iliKiha tani Jamur merang (Vo/variella volvaceae) di desa Gedaren Klaten. Pengambihm data dilakukan pada saat panen, yaitu dengan mengukur diamet:..T badan. buab-: jumlah individu, dan berat basah sebagai parameter prod111di"vitas Jarnur. ':lerang ( Volvariella vo/vaceae ). Data yang diperoleh dianalisis dengan rnenggunakan analisis varian pola rancangan acak lengkap, dan diJanjutkan clengan uji berganda Duncmm!DMRT (Duncann Multiple Range Test) .. Berdasarkan hasil analisis varian, diketahui bahwa lama perendaman dan konsentrnsi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap produktivitas Jamur merang ( Volvariella volvaceae) dcngan parameter diameter badan buah , jumlah individu, dan berat basah Jam:ur merang ( Volvariella volvaceae). Interaksi antara perlakuan lama perendaman dan konsentrasi berpengaruh nyata (P<O,OS) pada diameter badan buah , sedangkan pada parameter jumlah individu dan berat basah tidak menunjukan pengaruh yang nyata (P'->0,05). Lama perendaman yang paling optimum untuk perendaman jerami padi adalah pada lama perendaman 8 jam, sedangkan konsentrasi lirnbah cair pabrik tabu yang paling baik adalah pada konsentrasi 100%. Proses dan basil penelitian yang diperoleh dapat dimanfaa'ikan sebagai altematif sumber belajar biologi di SMA/MA dalam metode diskusi i dan percobaan. •

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Satino, M.Si
Uncontrolled Keywords: Jerapi padi, produktifitas jamur
Subjects: Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2016 10:47
Last Modified: 11 Jan 2016 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18875

Actions (login required)

View Item View Item