GERAKAN PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA BIDANG SOSIAL DI DUSUN BABADAN MANTREN, DESA SUKOHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN

MUHAMMAD HADI RIFA’I, NIM.02121069 (2007) GERAKAN PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA BIDANG SOSIAL DI DUSUN BABADAN MANTREN, DESA SUKOHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GERAKAN PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA BIDANG SOSIAL DI DUSUN BABADAN MANTREN, DESA SUKOHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN TAHUN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA BIDANG SOSIAL DI DUSUN BABADAN MANTREN, DESA SUKOHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN TAHUN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 October 2007.

Download (1MB)

Abstract

Abstraksi Kenyataan sejarah menunjukan bahwa pemuda Indonesia mempunyai saham besar dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia serta ada dan berkembangnya pendidikan kepramukaan nasional Indonesia.dalam perkembangan pendidikan kepramukaan itu tampak adanya dorongan dan semangat untuk bersatu, namun terdapat gejala adanya berorganisasi yang bhinneka. Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 baik di Jakarta maupun di kota-kota yang penting di Indonesia. Majelis Pimpinan Nasional (MAPINAS) diketuai oleh Dr. Ir. Soekamo, Presiden RI dengan wakil ketua I, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Aziz Saleh. Berdirinya Gugusdepan (Pramuka) di lingkungan lAIN Sunan Kalijaga pada tanggal 17 Juli 1973 berdasarkan surat keputusan Kwamas No. 138 th.l961, dalam tahapan ini, kol. Bakri Syahid selaku Rektor dan sekaligus menjabat Kamabugus, mengajak 10 aktivis pandu untuk mendirikan sebuah gugusdepan yang berpangkalan di lAIN Sunan kalijaga Yogyakarta. Tujuan didirikannya gugusdepan ini adalah Pertama: menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa, baik yang berskala lokal, nasional maupun intemasional. Kedua: untuk mengurangi antagonisme yang sering muncul di kampus lAIN Sunan Kalijaga yogyakarta. Ketiga: ikut menciptakan suasana yang aman dan damai. Salah satu tujuan Gerakan Pramuka Perguruan Tinggi Agama Islam meningkatkan pelaksanaan dan pengalaman Tri Darma Perguruan Tinggi melalui Gerakan Pramuka. Tri Darma Perguruan Tinggi yang ketiga khususnya yang sangat relevan dengan Tri Darma Gerakan Pramuka ketiga pula yaitu bina masyarakat. Bina masyarakat merupakan proses pendidikan yang diarahkan untuk mengembangkan kepemimpinan dengan menganjurkan berperan dalam masyarakat sebagai peneliti, pengelola, penggerak dan pelopor dan pemmpin masyarakat . Bentuk kegiatan pengabdian ini berperan bagi generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat sckaligus dapat mclctakkan landasan bagi masa depa~mya. Dengan memperhatikan kesan-kesan pada masyarakat umum serta di lingkungan kampus, memandang Gerakan Praja Muda Karana (Gerakan Pramuka) ini sebagai pendidikan ekstra yang berawal pada Sekolah Dasar (SD) dan berakhir pada tingkatan SLTA yang notabene bisanya hanya menyanyi, tepuk tangan dan permainan tanpa bisa memberikan sumbangsih pada masyarakat umum. Persoalan yang perlu dikaji lebih mendalam adalah apa yang melatarbelangi lahimya Pramuh UIN Sun:m Kalijaga Yogyakarta oorta adalmh poranan Promulm di Perguruan Tinggi Islam UIN terhadap kelangsungan pelaksanaan Tri Darma perguruan Tinggi dengan Tri Bina Gerakan Pramuka dalam bidang kemasyarakatan. Perlu dibahas juga adanya pretasi-prestasi pramuka yang mewakili UIN yang berskala Daerah maupun nasionnal sebagai bukti untuk mcnghilangkan kcsan masyarakat tesebut diatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Herawati S.Ag
Uncontrolled Keywords: Gerakan Pramuka Bidang Sosial, UIN Sunan Kalijaga
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Jan 2016 09:07
Last Modified: 11 Jan 2016 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18880

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum