TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGARUH HARGA JUAL BARANG JAMINAN ATAS BIAYA IJARAH PADA PEGADAIAN SY ARI' AH (STUDI DI PEGADAIAN SYARI'AH KUSUMANEGARA YOGYAKARTA)

DEDE ZENAL MUSTOFA, NIM. 02381541 (2007) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGARUH HARGA JUAL BARANG JAMINAN ATAS BIAYA IJARAH PADA PEGADAIAN SY ARI' AH (STUDI DI PEGADAIAN SYARI'AH KUSUMANEGARA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengaruh Harga Jual Barang Jaminan Atas Biaya Ijarah Pada Pegadaian Syari'ah (Studi di Pegadaian Syari'ah Kusumanegara Yogyakarta). Judul ini dilatar belakangi oleh permasalahan tentang penetapan biaya ijirah antara kaidah yang telah baku dengan kenyataan di lapangan. Pegadaian Syari'ah, tidak lagi menerapkan sistem bunga dalam mendapatkan keuntungan, namun menarik biaya untuk jasa penyimpanan barang jaminan, yang dibebankan kepada nasabah, setiap kelipatan Rp. I 0.000; dari harga taksiran barang jaminan. Dalam ijirah yang telah baku seharusnya yang menjadi patokan penetapan biaya adalah kualitas atau kapasitas objek ijirah sedangkan dalam kenyataan tetjadi perbedaan dalam menentukan jumlah biaya terse but. Berdasarkan Jatar belakang tersebut, maka diangkat permasalahan ini untuk diteliti dengan tujuan mengetahui landasan atau dasar hukum yang di pakai oleh lembaga-lembaga pegadaian Syari'ah khususnya di Pegadaian Syari'ah Cabang Kusumanegara, yang tersusun dalam suatu rumusan, yaitu; Faktor-faktor apakah yang menyebabkan harga jual barang berpengaruh terhadap penetapan biaya ijirah di Pegadaian Syari'ah? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti tentang akad ijirah di pegadaian Syari'ah. Adapun materi yang di kaji adalah penetapan biaya yang dilakukan oleh pihak pegadaian Syari'ah. Penelitian ini bersifat deslcriptif-analitik Data yang diperoleh merupakan data yang dapat memberikan gambaran secara obyektif tentang permasalahan penetapan biaya ijirah yang dipengaruhi oleh harga jual barang jaminan. Kemudian permasalahan tersebut di analisis melalui pendekatan normatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan wawancara langsung dengan manajer Cabang secara mendalam, kemudian wawancara dilanjutkan dengan pihak Kanwil VII PT. Pegadaian yang diwakili oleh stafnya. Dari basil penelitian diperoleh kesimpulan, Pegadaian Syari'ah Kusumanegara dalam mendapatkan keuntungan melalui transaksi ijirah, transaksi ini dilakukan sebagai alternatif pelarangan bunga dalam memperoleh laba menurut Islam. Dan hal tersebut tidaklah dilarang sebab yang Ia tawarkan adalah jasa yaitu menyewakan tempat untuk penyimpanan barang jaminan. Alasan mengapa harga jual barang berpengaruh terhadap biaya ijirah, karena semakin tinggi harga barang jaminan akan membutuhkan penaksir yang lebih ahli, semakin tinggi resiko yang ditanggung untuk asuransi, perawatan dan juga keamanannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. H. DAHW AN, M.Si.
Uncontrolled Keywords: jual, harga
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jan 2016 11:55
Last Modified: 11 Jan 2016 11:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum